Jumat, 26 Juni 2020

8 Hal Yang Terdapat Di Dalam Diri Insan Yang Merepotkan Dikendalikan

Banyak sekali hal-hal yang terdapat di dalam kehidupan insan yang merepotkan untuk dikendalikan, sering kali keadaan yang menciptakan seseorang mesti melakukan hal-hal tersebut. Akan namun, lebih baik kita mempertimbangkan apalagi dahulu segala sesuatu yang akan kita kerjakan, yang terpenting tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain. Apakah anda telah mengetauhi hal apa saja yang sulit dikendalikan pada diri insan? untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.

hal yang terdapat di dalam kehidupan manusia yang sulit untuk dikendalikan 8 Hal Yang Terdapat di Dalam Diri Manusia Yang Sulit Dikendalikan

Berikut 8 Hal Yang Sulit Dikendalikan Oleh Manusia


1. Kurang Bersyukur

Terkadang manusia memiliki rasa kurang bersyukur dengan apa yang sudah ada pada dirinya. Mereka merasa kurang tampan / cantik, kurang kaya dan selalu merasa kurang berkecukupan. Merasa iri dengan orang lain yang hidupnya lebih senang, sehingga tak mampu lagi untuk menerima beban hidup yang dialami. Banyak sekali masalah yang akan muncul dari akhir orang yang kurang bersyukur mirip manusia yang ingin lebih kaya lagi, sehingga memanfaatkan cara-cara yang kurang baik untuk menerima duit yang lebih banyak. Melakukan korupsi, perampokan, dan penipuan tergolong bentuk ciri-ciri orang yang kurang bersyukur dan merasa kurang berkecukupan.


2. Hawa Nafsu

Hawa Nafsu yaitu salah satu yang sangat sukar sekali untuk dikendalikan oleh insan, nafsu terbagi menjadi dua bagian yaitu yang bersifat positif dan bersifat negatif. Nafsu yang bersifat negatif lebih cenderung menuju hal-hal yang kurang benar, tetapi nafsu negatif mampu dikalahkan apabila anda bisa untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, sehingga doktrin yang terdapat di dalam hati mampu bikin capek atau melemahkan nafsu negatif yang akan menenteng anda ke hal-hal buruk.

3. Emosional

Kesabaran memang tidak ada batasnya, ketekunan seseorang diuji ketika sedang marah. Ketika manusia tidak mampu lagi menahan amarahnya, maka ia akan melakukan hal-hal yang sungguh merugikan dirinya sendiri maupun orang lain  mirip menghancurkan barang-barang dan tindakan kerusuhan lainnya. Hal ini juga akan menciptakan teman, kerabat bahkan keluarga untuk menjauhi anda.


4. Berbohong

Berbohong untuk kebaikan memang diperbolehkan, namun berbagai kebohongan-kebohongan yang dijalankan insan cuma untuk menutupi kesalahannya sendiri. jika anda sering melaksanakan kebohongan maka aneka macam orang yang akan tidak yakin lagi dengan diri anda, lebih baik jujur dan apa adanya sehingga ketenangan dan ketentraman hidup akan anda dapatkan.

5. Menggunjing

Arti dari kata menggunjing adalah membahas kejelekan seseorang terhadap orang lain, banyak sekali peristiwa seperti ini yang aku temui di lingkungan masyarakat. Kebiasaan ini sukar sekali di hilangkan dari akhlak manusia, dan kalau yang dibicarakan tidak cocok dengan apa yang terjadi maka takutnya akan menjadikan fitnah.

6. Malas

Sifat malas memang sangat merugikan bagi kehidupan manusia, sifat ini mampu membuat pekerjaan manusia menjadi tertunda-tunda dan mencampakkan banyak waktu. Orang yang memiliki sifat malas biasanya melaksanakan hal-hal yang tidak berguna seperti menonton Tv, nongkrong, atau jalan-jalan. Karena sifat ini sangat tidak menguntungkan, lebih baik buang jauh-jauh kata malas dari kehidupan anda sebelum tiba kata penyesalan di lalu hari.

7. Tamak Atau Rakus

Selalu merasa kurang puas dan senantiasa ingin mempunyai seluruhnya yakni cerminan dari sifat tamak atau rakus, yang mana sifat ini masih ada di dalam diri insan. Merasa ingin mempunyai seluruhnya tanpa mau membuatkan dengan orang lain, sifat tamak yang bersifat negatif juga mampu menjinjing insan untuk melaksanakan langkah-langkah kejahatan.

8. Sulit Untuk Memaafkan

Ketika kita di kecewakan oleh orang lain karena mungkin beliau berbohong atau melaksanakan kesalahan yang tidak mampu di toleransi lagi sehingga sukar untuk kita memaafkan orang tersebut. Namun kita harus tau bahwa setiap manusia pernah melaksanakan kesalahan, bahkan kita juga pernah melakukan kesalahan. Oleh alasannya itu alangkah baiknya bila kita memaafkannya, Tuhan saja Maha Pemaaf bagi hambanya yang hendak bertobat.


Demikian 8 hal yang terdapat di dalam diri manusia yang merepotkan dikendalikan, yang dapat kita ambil kesimpulannya adalah sesungguhnya lawan terbesar dalam diri kita sendiri ialah hawa nafsu. Mengapa demikian? alasannya hawa nafsu dapat mengendalikan dan mengganti manusia menuju ke hal-hal yang tidak baik. Namun apa bila seseorang memiliki keimanan yang berpengaruh niscaya ia akan bisa menertibkan hawa nafsunya menuju ke hal yang konkret.

Sumber https://nuroehi.blogspot.com


EmoticonEmoticon