Senin, 22 Juni 2020

Cara Menghitung Ongkos Pencucian Lapangan Dan Peralatan


Sebelum memulai proyek apapun, sebelum membangun apapun maka wajib ada proses pencucian lapangan dan perlengkapan. Pekerjaan pencucian ini seringkali terdengar sepele bila ditujukan untuk proyek kecil-kecilan, tetapi akan sangat berat bila proyek mempunyai lahan yang luas seperti proyek agrowisata atau resort.

Pekerjaan pencucian lapangan dan peralatan terbagi menjadi aktivitas membersihkan lapangan atau lokasi proyek dan pembersihan perlengkapan proyek terutama alat-alat berat yang akan dipakai. Dalam tolok ukur perhitungn analisa keduanya dinyatakan dalam satuan meter persegi (m2). Lokasi proyek harus bebas dari pengotor yang mampu mengusik jalannya pembangunan, seperti adanya sampah bekas bongkaran di lapangan, adanya sampah plastik dan sebagainya.

Cara Menghitung Biaya Pembersihan Lapangan dan Peralatan


Berapa biaya pembersihan lapangan dan perlengkapan ? Hal ini sering menjadi pertanyaan banyak orang saat membangun dalam skala yang cukup besar. Sebelum kita menuju rumus mengkalkulasikan ongkos pembersihan lapangan dan peralatan, ada baiknya kita mengerti dengan baik bagian-bagian dan material yang masuk ke dalam perkiraan ongkos RAB. Dalam masalah ini aku mengambil acuan sebuah proyek penataan tempat agrowisata.

Peralatan pekerjaan pembersihan lapangan

Dalam pekerjaan pencucian lapangan dan perlengkapan tentu tidak ada material yang dibutuhkan alasannya outputnya ialah lokasi proyek yang bersih dan terbebas dari pengotor yang menghambat jalannya proyek. Untuk itu perlengkapan yang diperlukan umumnya berupa :
- Sapu
- Serok
- Pemotong Rumput
- Sekop
- Cangkul
- Excavator
- dll. (sesuai dengan keperluan)

**Catatan : dalam beberapa masalah acara pencucian lapangan dan peralatan melibatkan alat berat seperti Excavator.

Ongkos pembuatan (biaya tukang)

Ongkos pembuatan pembersihan lapangan dan peralatan harus dicatat dan masuk dalam perhitungan ongkos RAB bangunan. Dalam pekerjaan ini ada berbagai jenis tukang/tenaga yang terlibat ialah:
- Pekerja
- Mandor

**Catatan : Komponen mandor mungkin mampu dihilangkan jika dilaksanakan dalam kecil-kecilan alasannya adalah pekerjaan pencucian dianggap cukup mudah dijalankan.

Baca juga : Cara Menghitung Biaya Pembongkaran Beton Bertulang

Cara menghitung volume pekerjaan pencucian lapangan dan peralatan

Volume pekerjaan pencucian lapangan dan peralatan dalam RAB dihitung menurut meter persegi luas lahan yang dibersihkan. Cara mudah mencari volume pekerjaan pencucian lapangan dan perlengkapan ialah dengan mengalikan panjang dan lebar lahan atau dengan menyaksikan statistik luas lahan yang hendak digarap untuk proyek.

Luas Lahan = Panjang Lahan x Lebar Lahan

Rumus biaya pencucian lapangan dan peralatan

Jadi, untuk mengetahui keperluan ongkos pekerjaan pencucian ini, tinggal menjumlahkan unsur ongkos materi dan ongkos tukang. Komponen ongkos bahan dikalikan dengan estimasi harga bahan dan komponen biaya tukang dikalikan dengan perhitungan harga tukang. Maka untuk 1 m2 pembersihan lapangan dan peralatan membutuhkan detail materi, tukang dan biayanya diterangkan pada analisa pekerjaan berikut (SNI 03-2835-2002) :

1 M2 MEMBERSIHKAN LAPANGAN DAN   PERALATAN
NO. URAIAN SATUAN KOEFISIEN HARGA SATUAN JUMLAH HARGA
A. TENAGA
Pekerja OH 0,1000       95.000,00    9.500,00
Mandor OH 0,0050    130.000,00       650,00
JUMLAH TENAGA   KERJA    10.150,00
B. BAHAN
JUMLAH HARGA BAHAN    -
C. PERALATAN
JUMLAH HARGA ALAT
D. Jumlah (A + B + C)    10.150,00
E. Overhead &   Profit 10 % x D    1.015,00
F. Jumlah (D+E)    11.165,00


**Catatan : Jika menggunakan smartphone, putar layar untuk menyaksikan tabel secara sarat . Harga material dan ongkos tukang yang tercantum dalam tabel yang dipakai mengacu pada harga yang ada saat postingan ini disusun, harga mungkin berubah seiring waktu.

Berdasarkan tabel di atas, mampu kita lihat bahwa harga pencucian lapangan dan peralatan per meter persegi ialah sebesar Rp  11.165,00 / m2

Contoh perkiraan pekerjaan pencucian lapangan dan perlengkapan

Untuk sobat yang ingin tahu bagaimana cara mengkalkulasikan ongkos pembersihan lapangan dan perlengkapan, maka kami berikan teladan lengkapnya perihal perkara mengkalkulasikan volume dan RAB pekerjaan pembersihan lapangan dan perlengkapan pada proyek Agrowisata yang memiliki lahan seluas 10 are yang hendak dibersihkan tanpa menggunakan alat berat.

Baca juga : Cara Menghitung Biaya Pemasangan Bouwplank

Berdasarkan data di atas, kita mampu mengenali luas lahan yang hendak dibersihkan adalah 10 are, maka kita tinggal konversikan satuan are ke meter persegi.

1 are = 10 m2
10 are = 10 x 10 m2 = 100 m2

Setelah ditemukan volume pekerjaannya maka berikutnya adalah mengalikan luas area pekerjaan dengan harga per meter perseginya (sesuai tabel di atas), maka total ongkos pencucian lapangan dan perlengkapan yang dibutuhkan ialah :

Biaya = Luas lahan x harga per meter
Biaya = 100 m2 x Rp 11.165,00 / m2
Biaya = 1.116.500,00 atau dibulatkan menjadi Rp 1.120.000,00

**Catatan : Jangan lupa untuk menyisihkan dana sekitar 5% dari harga perkiraan di atas untuk berjaga-jaga alasannya adalah tolok ukur harga bahan dan ongkos tukang yang digunakan mampu saja naik seiring waktu.

Pekerjaan pencucian lapangan dan peralatan walaupun nominal per meternya dianggap kecil tetapi tetap dihentikan dilupakan begitu saja dalam RAB, utamanya utuk penataan daerah yang luasnya mampu berhektar-hektar sehingga nilai pekerjaan pencucian lapangan dan peralatan juga akan menjadi mahal.

Demikianlah tentang cara mengkalkulasikan ongkos pencucian lapangan dan peralatan, supaya berguna dan dapat memperbesar pengetahuan. Meskipun pekerjaan pencucian ini sejatinya bukan pekerjaan utama dalam proyek, tetapi ini sungguh penting dalam tahap awal proyek.
Sumber https://www.arsitur.com/


EmoticonEmoticon