Rabu, 01 Juli 2020

Arsitek Vs Insinyur : Apa Perbedaan Keduanya

Mendengar kata arsitek pasti kita akan terbayang dengan gambar-gambar rumah yang indah dengan ukuran yang lengkap, namun jikalau mendengar kata insinyur apakah yang ada di benak sobat semuanya ? Apakah perbedaan arsitek dengan insinyur ? apakah keduanya sama atau berbeda ? Itulah yang hendak kita diskusikan dalam artikel ini.

Arsitek VS Insinyur : Apa Perbedaan Keduanya

Arsitek

Seperti yang kita ketahui bareng arsitek ialah orang yang mmembuat desain atau rancangan bangunan. Namun apakah tugas arsitek hanya menggambar saja ? pastinya tidak, berikut adalah beberapa hal tentang arsitek yang membedakannya dengan insinyur :
- Arsitek mengerjakan rancangan eksterior, terlihat luar dan interior bangunan. Bagus atau jeleknya bangunan yakni tanggung jawab arsitek. Mau sekuat apapun strukturnya pasti ajaib bila bentuknya tidak menarik.
- Arsitek melakukan pengaturan bagan & tata bangunan atau ruang. Arsitek dituntut untuk menata ruang-ruang dalam dan luar bangunan seefisien mungkin. Bagaimana pemanfaatan lahan parkir yang maksimal, bagaimana pembagian ruang-ruang di dalam apartemen dan sirkulasi orang maupun kendaraan.
- Arsitek juga haru mempertimbangkan ihwal utilitas bangunan seperti sirkulasi udara, pencahayaan, kedap suara, keperluan air, pengaturan limbah. Yang menjadi perhatian utama Arsitek yakni bagaimana menciptakan penghuni bangunan bisa senyaman mungkin dikala ada di dalam bangunan itu.
- Arsitek juga menjadi penanggung jawab dalam memilih material khususnya finishing yang terlihat, contohnya seperti keramik, cat dinding, plafon dll karena itu semua bekerjasama dengan visual yang nampak.
- Arsitek adalah profesi yang secara legal memerlukan pendidikan S1 Arsitektur selama 4 tahun dengan gelar biasanya yaitu S.T. atau sekarang S.Ars. Arsitek dulunya menerima gelar Ir. yang sama dengan insinyur lainnya.
- Arsitek lazimnya merupakan jurusan yang digabung dengan Fakultas Teknik atau Fakultas Seni, tetapi di luar negeri arsitek ada yang ialah bab dari Fakultas Sosial.

Insinyur

Insinyur jikalau dilihat dari asal katanya adalah engineer yang bermakna mahir mekanis, jago teknik. "A person who designs, builds, or maintains engines, machines, or public works" yang artinya orang yang merancang, membangun, merawat mesin atau pekerjaan umum yang lain. Sekarang sudah ada lebih dari satu jenis insinyur yang memiliki keterampilan berlawanan. Insinyur lazimnya berkaitan dengan proyek lapangan dan pelaksanaan konstruksi.

Di Indonesia insinyur sekarang ini ialah suatu profesi yang diakui selaku hebat yang sudah berpengalaman. Pendidikan insinyur ialah pendidikan profesi lanjutan setelah Sarjana Teknik. Arsitek pun bisa melanjutkan untuk menempuh pendidikan profesi insinyur selaku bab dari sertifikasi profesi. Pendidikan profesi insinyur umumnya ialah satu tahun, satu semester diisi dengan teori dan satu semester lagi yaitu praktik di lapangan.

Kaprikornus jikalau disimpulkan maka keduanya ialah bidang yang sama, namun arsitek lebih cenderung pada bab perancangan dan pengawasan, sementara insinyur lebih condong terhadap teknis pelaksanaan konstruksi itu sendiri. Demikian perbedaan arsitek dan insinyur yang mampu saya ungkapkan kali ini, agar bermanfaat dan dapat menambah wawasan sahabat sekalian.

Sumber https://www.arsitur.com/


EmoticonEmoticon