Kamis, 25 Juni 2020

11 Nasihat Dan Kemulian Bagi Orang Yang Pemaaf

Apakah anda termasuk orang yang pemaaf? Sebagian dari kita mungkin sulit untuk memaafkan orang yang pernah menyakiti hati atau perasaan kita. Mereka beranggapan bahwa sebagai manusia umumsangat sulit untuk memaafkan orang yang telah menyakiti dirinya. Akan tetapi, apakah Anda akan berlarut-larut menyimpan rasa sakit hati dan amarah kepada orang yang pernah menyakitinya.

 Sebagian dari kita mungkin sulit untuk memaafkan orang yang pernah menyakiti hati atau pe 11 Hikmah dan Kemulian Bagi Orang Yang Pemaaf

Padahal berbagai nasihat dan kemuliaan yang ditemukan bagi orang yang menanamkan sifat pemaaf, anda juga mesti bisa mengikhlaskan, tabah dan selalu bertawakal terhadap Allah SWT, anggap saja semua itu ujian hidup yang Allah berikan terhadap kita untuk menguji seberapa besar keimanan anda.

11 Hikmah dan Kemuliaan Bagi Orang Pemaaf

Menjadi manusia yang lebih baik memang kasus yang sulit, apa lagi memaafkan kesalahan orang lain yang telah menyakiti hati dan fisik anda, tapi menjadi insan yang pemaaf merupakan sebuah hal yang bagus mirip yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. berikut kemuliaan bagi orang pemaaf, diantaranya :

1.    Menanamkan Sikap Sabar

Tingkat kesabaran seseorang mampu dilihat dikala sedang menghadapi masalah, bencana alam, dan emosi. Kesabaran pada setiap manusia memang tidak dapat kita ukur tetapi dapat kita rasakan, acap kali manusia yang keimanannya lebih tinggi atau baik memiliki tingkat ketekunan yang berbeda dengan insan pada umumnya, karena mereka tau bahwa yang dapat menguatkan hatinya ialah yakin dengan Allah dan mereka tahu bahwa Allah senantiasa bersama orang-orang yang tabah.

Disaat anda memiliki problem dengan orang lain dan Alhamdulillah orang tersebut ingin meminta maaf kepada anda mengenai kesalahan-kesalahan yang pernah diperbuat dan sekarang ia datang terhadap anda untuk meminta maaf, maka langkah terbaik yang perlu anda lakukan pada dikala itu adalah memaafkannya. Memberikan maaf kepada orang yang meminta maaf akan menjadi salah satu hikmah dalam diri anda ialah belajar menjadi manusia  yang lebih bersabar.

2.    Menjaga Tali Persaudaraan


Kesalahpahaman dan emosional mampu menyebabkan rusaknya relasi silahturahmi yang sudah dijalin selama ini, sifat egois dan mau menang sendiri tidak akan pernah menyelesaikan pertingkaian dari dua pihak yang bersangkutan. Oleh karena itu, marilah kita rendahkan hati untuk mampu saling memaafkan satu sama lain dengan hati yang nrimo dan benar-benar ingin memperbaiki semuanya. Dengan demikian akan membuat sebuah relasi kerabat yang lebih baik lagi dan lebih mampu menjaga sikap dikala berhadapan dengan orang lain.

Baca Juga : Beberapa Cara Untuk Menjaga Hubungan Silaturahmi di Dalam Keluarga


3.    Dapat Menghapus Dosa-Dosa

Salah satu pesan tersirat dan kemuliaan bagi orang pemaaf yaitu mampu menghapus dosa-dosa, mengapa demikian? sebab Allah SWT sangat menggemari orang-orang yang mempunyai sifat pemaaf sehingga barang siapa yang mampu menanamkan sifat pemaaf dalam dirinya maka pahala dan hidup bahagia yang akan di dapat oleh orang tersebut

4.    Pintu Surga Dibuka Semakin Lebar

Seperti yang telah dijanjikan oleh Tuhan yang Maha Esa bahwa orang-orang yang baik dan selalu beriman terhadap Allah SWT akan mendapat hasilnya yang setimpal di darul baka yaitu nirwana, tetapi berbanding terbalik dengan orang-orang yang lalai dan enggan beribadah terhadap Allah maka neraka yang akan menjadi daerah di akhirat nanti.

Apa bila anda memaafkan orang lain dengan nrimo berarti anda telah mengamalkan salah satu sifat Allah SWT adalah Maha Pemaaf. Semakin anda terus menanamkan sifat pemaaf dan selalu beribadah kepada Allah, maka pintu-pintu surga akan terbuka lebar bagi orang-orang yang akan mengamalkan hal-hal kebaikan yang telah di jelaskan di dalam Al-Qur'an salah satunya yaitu kemuliaan bagi orang yang pemaaf.

5.    Orang Pemaaf Kedudukannya Lebih Mulia

Mengapa orang pemaaf kedudukannya lebih mulia dari pada orang yang meminta maaf? Karena orang yang meminta maaf lebih mengacu terhadap orang yang berbuat salah sehingga kedudukan orang yang memberi maaf jelas lebih mulia dibandingkan dengan orang yang meminta maaf. Oleh sebab itu apakah anda masih tidak inginuntuk memaafkan orang lain?

6.    Kedamaian Batin

Bagaimana sih rasanya jikalau dalam kehidupan manusia tidak ada persoalan?, pasti alur hidupnya akan mencicipi kebahagiaan, tentram, damai dan damai. Namun sebaliknya, jika hidup sarat dengan dosa serta kesalahan maka kegalauan yang hendak menghantui kehidupan anda. Oleh alasannya adalah itu meminta maaf atau menunjukkan maaf sungguh besar pengaruhnya kepada kehidupan anda.

7.    Menghilangkan Rasa Dengki

Timbul adanya dengki dalam kehidupan insan terjadi dikala terlibat pertingkaian, permusuhan atau pertentangan yang menciptakan sakit hati karena merasa dizalimi, sehingga akan timbul rasa dendam untuk membalas sakit hatinya. Bagaimana dengan orang yang memiliki sifat pemaaf?, dia akan berfikir bahwa apa yang sudah terjadi  tak perlu diungkit-ungkit lagi dan untuk melupakannya, beliau akan mengambil sikap untuk memaafkan orang tersebut walaupun orang yang telah menyakitinya tidak mau meminta maaf kepadanya.

8.    Dapat Menyelesaikan Masalah

Berunding dan bermusyawarah yakni penyelesaian terbaik dalam menyelesaikan dan memecahkan sebuah persoalan. Dengan keinginan biar mendapatkan akad dari kedua pihak yang berurusan. Oleh alasannya adalah itu, dengan adanya saling memaafkan serta mengistropeksi diri niscaya masalah tersebut dapat di tuntaskan dengan baik-baik tanpa adanya perilaku anarkis.

9.    Meningkatnya Persatuan Antar Manusia

Perselisihan timbul sebab perbedaan usulan dari masing-masing pihak, perbedaan pendapat yang begitu banyak akan menjadikan langkah-langkah benturan antar kelompok. Namun kalau mereka saling menahan diri, saling memaafkan dan lebih bersikap remaja, maka persahabatan dan persatuan mampu berjalan dengan baik.

10.    Menghapus Sifat Tinggi Hati

Tinggi hati yaitu istilah bagi orang yang mempunyai sifat angkuh, arogan dan gengsi untuk meminta maaf. Sudah dijelaskan dalam Al-Quran yaitu “ tidak akan masuk nirwana bila di hatinya masih ada sifat sombong ”. Dengan adanya sifat pemaaf di dalam diri manusia maka akan menurunkan rasa  arogan sehingga mau meminta maupun memberi maaf untuk orang lain.


11.    Memiliki Banyak Sahabat

Hikmah bagi orang pemaaf ialah mempunyai banyak teman, orang-orang akan datang dengan sendirinya kepada anda hanya untuk menjadi sahabat, hal ini sudah menjadi kodrat di mana orang baik akan selalu dicari, diperlukan dan selalu dikenang. Berbanding terbalik dengan orang yang memiliki sifat pemarah dan arogan, sehingga banyak orang yang hendak menjauhinya dan enggan untuk berkenalan maupun menjadi sahabatnya.

Itulah tadi 11 pesan tersirat dan kemuliaan bagi orang yang memiliki sifat pemaaf, biar kita semua mampu menjadi manusia yang bisa mengamalkan perbuatan-perbuatan baik seperti menawarkan maaf terhadap orang lain dan supaya Tuhan Yang Maha Esa selalu menawarkan kita semua dukungan di dunia maupun di alam baka, Amin.

Sumber https://nuroehi.blogspot.com


EmoticonEmoticon