Kamis, 25 Juni 2020

Jenis-Jenis Sofa Sesuai Desain Ruangan

Memilih jenis desain sofa yaitu keputusan besar, bukan hanya karena biayanya, namun juga alasannya sofa bisa menertibkan nada untuk gaya ruangan. Di sisi lain , semua desainer dan produsen mebel mempunyai nama unik sendiri untuk setiap jenis versi sofa yang mereka produksi. Berikut ini ialah 10 jenis sofa yang paling umum di pasaran dan nama-nama untuk gaya model sofa yang dikutip dari oprah.com.

Jenis-jenis Sofa Sesuai Desain Ruangan


Jenis-jenis Sofa dan Model Sofa :

Jenis sofa (listrasi by pinterest.com)


1. Sofa Bench Seat

Desain sofa dengan ganjal tunggal yang memanjang sampai ke seluruh sofa. Bench seat sering disebut dengan bech saja dan ialah jenis sofa yang paling sederhana dan tidak mempunyai sandaran punggung.

2. Sofa Camelback

Jenis Sofa yang sungguh klasik dan biasa , yang memiliki sandaran punggung dengan desain paling tinggi di tengah, berupa seperti punuk unta kalau dilihat dari depan. Sofa jenis ini banyak dijumpai dengan rangka kayu ukir mirip sofa khas jepara.

3. Sofa Rolled Arm
Jenis sofa dengan gaya sandaran lengan yang melengkung ke luar, biasanya dibentuk dari materi yang empuk. Ini yakni gaya sofa klasik dan tradisional.

4. Sofa Sectional
Jenis Sofa yang terdiri dari beberapa bab yang sering mampu disusun ulang untuk membuat bentuk baru. Sofa dapat dilepas dan dipasang sesuai kebutuhan dan pengaturan ruangan. Yang paling lazim adalah sectional berbentuk L.

5. Sofa Daybed
Jenis sofa yang dapat diadaptasi untuk menjadi kawasan tidur, apakah itu model pull-out atau gaya futon yang bersandar. Biasanya salah satu sandarannya mampu direbahkan sehingga menjadi datar.

6. Sofa Chaise

Jenis sofa dengan sandaran yang tidak sarat mengelilingi sofa. Ini menandakan sofa dapat diduduki dari banyak sisi dan lazimnya dipakai di ruang keluarga yang berskala besar.

7. Sofa Lawson
Desain Lawson aslinya mempunyai tiga bantal belakang yang terpasang di atas tiga bantal kursi. Karena ketinggian lengannya, sofa ini yakni salah satu sofa yang lebih tenteram dipakai untuk tidur siang. Desain kaki sofa yang lurus memberikan sofa Lawson performa yang lebih terbaru. Lengan sofa berbentuk persegi panjang atau “track” mungkin menjadi pilihan gaya rancangan urban dan modern.

8. Sofa Sette
Sofa jenis ini juga dikenal sebagai "bangku cinta". Sofa ini mempunyai rancangan sandaran punggung yang lurus dan ada ruang bagi dua orang untuk duduk dengan nyaman. Sandaran tangannya lazimnya tersambung dan menyatu dengan sandaran punggung tapi tidak sama tinggi. Sandaran tangan lebih rendah dari sandaran punggung. Biasanya dibuat dengan rangka terbuka dan diukir sedekoratif mungkin dengan bentuk lekukan dan dekorasi.ni lazimnya memiliki pegas.

9. Sofa Cabriole
Sofa Cabriole ditandai dengan bingkai kayu terbuka (sering diukir). Di bab punggung dan sandaran lengannya dibentuk secara kontinu, sama tingginya. Kaki sofa melengkung khas dengan bagian bawah cekung dan bagian atas yang cembung. Pada sofa jenis ini tidak ada bantal belakang yang terpisah. Jenis sofa ini mulai terkenal pada kurun Louis XV pada 1800-an dan telah kuat berpengaruh kembali dalam mode interior zaman ini.

10. Sofa Chesterfield
Cara termudah untuk mengetahui apakah jenis sofa yang dimaksud ialah Chesterfield adalah dengan menyaksikan bagian yang berumbai di belakang. Lengan sofa berupa gulungan yang empuk dan tingginya sama dengan sandaran punggung. Sofa Chesterfield umumnya terbuat dari kulit dengan jahitan yang masuk ke dalam.

11. Sofa Tuxedo
Jenis Sofa tuxedo dibentuk populer oleh desainer interior Billy Baldwin, tetapi ada banyak variasi sofa tuksedo. Yang membedakan sofa tuksedo dari gaya lain adalah bentuknya yang kotak. Lengannya nyaris senantiasa sama tinggi dengan sandaran punggung dan kaki sofa berlapis atau terbuka. Sofa tuxedo memiliki desain higienis dan berjajar geometris, dan sering dilapisi kain secara total.

12. Sofa Mid-Century
Jenis sofa Mid-Century Ditandai dengan bentuk persegi panjang yang bersih, bantal bangku belakang dan kaki kayu yang solid. Jenis sofa Mid-Century ialah opsi ideal kalau sobat menggemari estetika yang rapi. Sofa Mid-Century memiliki kaki tinggi dan terbuka sehingga terlihat ringan dan tinggi. Sofa Mid-Century Kontemporer mampu mempunyai kelengkungan minimum pada area sandaran lengan. Biasanya joknya berwarna monokromatik, terbuat dari materi kontemporer yang tahan lama. Sofa ini cocok untuk interior minimalis dan kekinian.
Sumber https://www.arsitur.com/


EmoticonEmoticon