Kamis, 25 Juni 2020

7 Faktor Penyebab Mengapa Siswa Malas Belajar Di Sekolah

7 Faktor Penyebab Mengapa Siswa Malas Belajar di Sekolah - Orang yang pernah bersekolah pasti pernah mengalami yang namanya malas mencar ilmu, siswa yang malas mencar ilmu lazimnya memiliki argumentasi dan penyebab yang mempengaruhi menurunnya semangat dalam mengikuti pelajaran di sekolah. Berikut beberapa hal yang mampu menjadikan seorang siswa malas mencar ilmu di sekolah meliputi mata pelajaran, guru mata pelajaran, sibuk bermain hp, proses belajar mengajar, suasana kelas, penempatan mata pelajaran dan waktu lamanya di sekolah.

 Faktor Penyebab Mengapa Siswa Malas Belajar di Sekolah  7 Faktor Penyebab Mengapa Siswa Malas Belajar di Sekolah

7 Penyebab Mengapa Siswa Malas Belajar Di Sekolah


1. Mata pelajarannya


Setiap siswa niscaya mempunyai perbedaan dalam menyukai mata pelajaran, ada yang menggemari mata pelajaran bahasa inggris, matematika, fisika, kimia, bahasa indonesia dan sebagainya. Mereka menggemari salah satu mata pelajaran tersebut karena materinya termasuk mudah untuk dipelajari dan jago di mata pelajaran tersebut. Dan dikala dia berjumpa dengan mata pelajaran yang tidak di sukai, beliau enggan dan malas untuk mengikuti pelajaran tersebut dan bahkan ada yang tidak masuk kelas.

Oleh alasannya adalah itu, selaku Bapak / Ibu guru direkomendasikan untuk selalu menunjukkan usulan dan motivasi-motivasi kepada para siswanya bergotong-royong pendidikan itu sungguh penting sekali dan apa pun mata pelajarannya dibutuhkan para siswa sangat diwajibkan untuk senantiasa mengikuti pelajaran di sekolah dengan baik, alasannya adalah semua itu demi kemajuan mengejar masa depan.


2. Guru Mata Pelajaran

Guru yaitu pendekar tanpa tanda jasa yang bertugas mengajarkan kepada para siswa tentang kebijaksanaan pekerti, disiplin dan mengajarkan materi-materi yang dapat bermanfaat untuk siswanya di abad yang akan tiba. Salah satu penyebab mengapa siswa malas untuk berguru di sekolah yakni guru mata pelajarannya, alasannya adalah tak semua guru di sekolah mampu menciptakan para siswa merasa enjoy dan bahagia.

Ada beberapa standar yang dipakai oleh siswa untuk menilai Bapak / Ibu guru seperti sikapnya kepada siswa, cara menerangkan pelajaran, kehadiran di kelas dan sistem mencar ilmu yang digunakan. Seharusnya dalam hal ini ada keterbukaan antara guru dan siswa, agar dapat mengetahui apa dan bagaimana yang harus dikerjakan agar terciptanya acara mencar ilmu yang menyenangkan namun serius saat mencar ilmu.

3. Sibuk Bermain Handphone (HP)


Teknologi memang mempunyai manfaat yang sangat luar biasa bagi kehidupan masyarakat. Akan namun, jika anda tidak mampu memanfaatkan dengan baik maka hasilnya akan merugikan diri sendiri. Siswa yang menenteng HP ke sekolah condong lebih asyik bermain HP dari pada mengikuti pelajaran, ada yang asyik menonton youtube, sms-an, buka sosmed, dan bermain game. Sehingga siswa malas untuk mengikuti pelajaran yang sedang berjalan.

Sekolah telah melarang siswanya untuk tidak menjinjing HP ke sekolah, namun masih banyak siswa yang cendekia dan melanggar peraturan tersebut. Demi perkembangan prestasi siswanya, sekolah perlu melaksanakan tindakan tegas seperti melakukan razia rutin.


4. Prose Belajar Mengajar

Seorang guru mempunyai sistem berguru yang berlainan-beda dalam menyampaikan bahan pelajaran, tata cara mencar ilmu yang dipakai atau diterapkan mesti disesuaikan dengan kemampuan siswa agar apa yang diterangkan mampu diserap dan dicerna dengan mudah oleh para siswa. Akan tetapi, ada sebagian siswa yang membenci dengan metode mencar ilmu yang digunakan sehingga dapat menciptakan siswa merasa bosan dan malas untuk belajar.

Hal yang menciptakan siswa gampang bosan seperti mencatat materi pelajaran yang begitu banyak dan terus menerus tanpa di jelaskan dan memperlihatkan latihan soal yang terus menerus. Metode belajar memang sangat diperlukan tetapi mesti mempunyai trik untuk menawan simpati para siswa biar mereka tenteram dan bahagia untuk belajar seperti melaksanakan acara berdiskusi untuk memperlihatkan potensi terhadap siswa untuk bertukar anggapan, lebih banyak praktek dari pada di kelas, mencar ilmu di luar kelas (di ruang terbuka) dan melakukan studi banding dengan sekolah lain.

5. Situasi Di Kelas

Suasana kelas yang tidak mendukung mampu membuat siswa menjadi malas untuk belajar, situasi dan keadaan di kelas meliputi dari situasi yang kurang damai, kebersihan kelas, gangguan dari siswa lain dan suhu di dalam ruang kelas. Ketenangan kelas memang sungguh diperlukan demi menjaga kosentrasi siswa dan suhu ruangan yang terlalu panas dan tertutup dapat besar lengan berkuasa bagi ketentraman para siswa.

6. Penempatan mata pelajaran

Penempatan jam berguru dan mata pelajaran yang kurang tepat mampu menciptakan siswa menjadi malas belajar, ada jam-jam rawan yang membuat siswa merasa mengantuk dan capek adalah jam terakhir menjelang pulang sekolah. Ditambah lagi penempatan mata pelajaran yang kurang tepat dan termasuk susah serta susah untuk dicerna oleh siswa, mata pelajaran mirip bahasa indonesia, kesenian, mulok, agama sangat baik di tempatkan di jam-jam final menjelang pulang sekolah. Sedangkan matematika, bahasa Inggris, fisika, kimia di tempatkan pada jam pagi supaya siswa dapat lebih bisa konsentrasi untuk mengikuti pelajaran. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penempatan mata pelajaran yang kurang sempurna mampu berpengaruh pada semangat siswa untuk belajar di sekolah.

7. Waktu Lamanya Di Sekolah

Semakin tinggi tingkat pendidikannya maka kian banyak pula waktu belajar yang digunakan di sekolah sehingga pada umumnya siswa merasa bahwa berada di sekolah itu sangatlah usang sekali mulai dari jam 07.00 hingga jam 14.00. Tidak terasa 7 jam siswa berada di sekolah dan menciptakan siswa jenuh dan malas mengikuti pelajaran, apa lagi masih ada kegiatan embel-embel sepulang sekolah seperti ekstrakurikuler (pramuka, praktek, drum band).


Memang tak semua siswa mampu menerima peraturan yang sudah di menetapkan dari sekolah maupun dari dinas pendidikan, oleh karena itu mau tidak ingin siswa harus bisa mengikuti peraturan yang sudah dibentuk. Semua itu demi terciptanya siswa yang disiplin, cerdas dan memiliki adab yang bagus. Nah, teman-sahabat itulah berita seputar 7 Faktor Penyebab Mengapa Siswa Malas Belajar di Sekolah. supaya gosip ini mampu berguna buat anda.

Sumber https://nuroehi.blogspot.com


EmoticonEmoticon