Kamis, 25 Juni 2020

Cara Menjumlah Biaya Pembongkaran Dinding Bata

Dalam proyek renovasi atau perbaikan rumah dan bangunan yang lain, pekerjaan bongkaran yaitu pekerjaan yang tidak mampu dihindari. Ketika ingin mengganti batas ruangan maka salah satu yang mesti dilaksanakan ialah pekerjaan bongkaran dinding bata. Dengan membongkar dinding usang maka kita mampu membangun dinding gres yang sesuai dengan rencana perbaikan.

Dalam proyek renovasi atau perbaikan rumah dan bangunan lainnya Cara Menghitung Biaya Pembongkaran Dinding Bata
Cara Menghitung Biaya Pembongkaran Dinding Bata



Berapa ongkos untuk membongkar dinding bata ? Hal ini sering menjadi pertanyaan banyak orang saat ingin merenovasi, khususnya memperbaiki rumah tinggal. Sebelum kita menuju rumus menghitung biaya pembongkaran dinding, kita wajib mengenali unsur-bagian dan material yang masuk ke dalam perkiraan biaya RAB.

Dalam postingan ini Arsitur akan mengambil acuan pekerjaan membongkar dinding sebuah kamar dengan ukuran panjang 4 meter dan tinggi 3 meter alasannya kamar tersebut akan diperluas. Dinding bangunan lama tersebut terbuat dari pasangan bata.

Peralatan Pembongkaran Dinding Bata

Material yang diperlukan dikala membongkar dinding pasti tidak ada, namun kita perlu menawarkan perlengkapan untuk membongkar dinding. Peralatan yang diharapkan dikala membongkar pasangan bata dalam lingkutp kecil terdiri dari alat manual dan alat otomatis bertenaga listrik. Untuk proyek pembongkaran dinding bata, maka peralatan mesti diubahsuaikan dengan keadaan proyek dan urgensi, lazimnya lebih cepat memakai tenaga listrik tetapi tidak menjangkau seluruh detail bab bangunan. Peralatan pembongkaran dinding bata terdiri dari :
  • Palu
  • Battle (Pahat Baja)
  • Linggis
  • Jack Hammer (Tenaga listrik)
  • Gerinda Listrik

**Catatan : dalam beberapa kasus, pembongkaran tembok bata dilaksanakan dengan mengkombinasikan alat manual dan elektrik ini biar lebih singkat.

Baca Juga : Cara Menghitung Biaya Pembongkaran Beton Bertulang

Tenaga untuk Pekerjaan Pembongkaran Dinding Bata (biaya tukang)

Ongkos pembuatan pembongkaran dinding bata juga harus dicatat dan masuk dalam perhitungan ongkos RAB bangunan. Dalam pekerjaan membongkar dinding bata dalam skala besar, mungkin tidak cuma 1 jenis tukang yang melakukan pekerjaan . Berikut adalah beberapa tukang maupun tenaga yang terlibat dalam pekerjaan pembongkaran dinding bata.
  • Pekerja
  • Mandor

**Catatan : Komponen mandor mungkin mampu dihilangkan atau diganti dengan kepala tukang jika dikerjakan dalam kecil-kecilan, sementara pekerja lazimnya bisa diambil kiprahnya oleh tukang watu saja

Cara mengkalkulasikan volume pekerjaan pembongkaran dinding bata
Volume pekerjaan pembongkaran dinding bata dalam RAB dijumlah berdasarkan volume dinding yang akan dibongkar. Cara mencari volume dinding bata adalah dengan mengalikan luas penampang dinding dengan tebal dinding.
  • Volume dinding = Luas penampang x tebal
  • Volume dinding = (panjang x tinggi) x tebal

Baca Juga : Cara Menghitung Jumlah Genteng Berdasarkan Luas Atap

Rumus ongkos pembongkaran dinding bata

Makara, untuk mengetahui keperluan biaya bongkaran dinding bata, tinggal menjumlahkan unsur ongkos bahan dan biaya tukang. Komponen biaya bahan dikalikan dengan perhitungan harga materi dan unsur biaya tukang dikalikan dengan estimasi harga tukang. Maka untuk 1 m3 pembongkaran dinding bata, membutuhkan rincian tukang dan perlengkapan dengan ongkos selaku berikut (PERMEN PUPR 28/PRT/M/2016) :

1   M3 BONGKARAN DINDING TEMBOK BATA
NO. URAIAN SATUAN KOEFISIEN HARGA SATUAN JUMLAH HARGA
A. TENAGA
Pekerja OH 6,667 90.000 600.030
Mandor OH 0,333 130.000 43.290
JUMLAH TENAGA KERJA 643.320
B. BAHAN
JUMLAH HARGA BAHAN
C. PERALATAN
JUMLAH HARGA ALAT
D. Jumlah (A + B + C) 643.320
E. Overhead & Profit 0 % x D 0
F. Harga Satuan Pekerjaan (D+E) 643.320


Berdasarkan tabel di atas, bisa kita lihat bahwa harga pembongkaran dinding bata per meter kubik yaitu sebesar Rp 643.320,00
 / m3

**Catatan : Jika menggunakan smartphone, putar layar untuk melihat tabel secara penuh. Harga material dan ongkos tukang yang tercantum dalam tabel yang digunakan mengacu pada harga yang ada saat postingan ini disusun, harga mungkin berubah seiring waktu.

Contoh perkiraan pekerjaan pembongkaran dinding bata pada kamar :

Untuk anda yang ingin tahu bagaimana cara menghitung biaya pembongkaran dinding bata, maka kami berikan acuan lengkapnya mengenai masalah mengkalkulasikan volume dan RAB pekerjaan pembongkaran dinding bata untuk suatu banguan kamar tidur dengan panjang dinding 4 meter dengan tinggi 3 meter. Tebal dinding tersebut ialah 15 cm. Dengan asumsi tidak ada kolom yang ikut dibongkar, maka kita mampu hitung volume pekerjaan pembongkaran sesuai evaluasi di atas.
  • Ukuran dinding = 4 m x 3 m
  • Tebal dinding = 15 cm = 0,15 m

Berdasarkan data di atas, kita bisa pastikan dahulu volume akurat dari dinding bata yang mau dibongkar :
  • Volume dinding = Luas penampang x tebal
  • Volume dinding = (panjang x tinggi) x tebal
  • Volume dinding = (4 x 3) x 0,15 m
  • Volume dinding = 1,8 m3

Setelah menerima volume pekerjaannya maka selanjutnya ialah mengalikan volume  dinding dengan harga per meter kubik pembongkaran dinding bata (sesuai tabel di atas), maka ongkos total pembongkaran dinding bata yang diharapkan yakni :
  • Biaya Pembongkaran = Volume dinding x harga per meter
  • Biaya Pembongkaran = 1,8 m3 x Rp 643.320,00 / m3
  • Biaya Pembongkaran = Rp 1.157.976,00 atau dibulatkan menjadi 1.160.000.00

**Catatan : Jangan lupa untuk menyisihkan dana sekitar 5% dari harga perkiraan di atas untuk berjaga-jaga sebab kriteria harga tukang yang dipakai mampu saja naik seiring waktu.

Biaya pembongkaran dinding bata tentu sedikit lebih mahal dibandingkan dengan pembongkaran dinding batako alasannya adalah dinding bata relatif lebih besar lengan berkuasa, lebih sulit dibongkar, dengan lebih banyak jumlah bata yang terpasang pada dinding dengan ukuran yang sama.

Baca juga : Cara Menghitung Biaya Pemasangan Tembok Bata

Demikianlah mengenai cara mengkalkulasikan biaya pembongkaran dinding bata, biar berguna dan mampu memperbesar pengetahuan.


Sumber https://www.arsitur.com/


EmoticonEmoticon