Kamis, 30 Juli 2020

Cara Menjumlah Biaya Pemasangan Plafon Rumah (Langit-Langit)

Plafon atau langit-langit bangunan ialah elemen penting dari suatu bangunan yang menghalangi bab atas ruangan. Plafon atau langit-langit menjadi elemen fungsional sekaligus estetika. Plafon berfungsi sebagai tempat untuk meletakan lampu (downlight), selaku daerah untuk menggantung kipas angin dan exhaust fan. Namun selain itu, plafon yaitu bagian estetika yang menjadi penunjukbahwa rumah tersebut sudah tamat dilaksanakan.

Cara Menghitung Biaya Memasang Plafon Gypsum Rangka Hollow - caelusgreenroom.com


Berapa biaya untuk memasang plafon ? Hal ini sering menjadi pertanyaan banyak orang ketika membangun atau renovasi, terutama membangun rumah tinggal. Sebelum kita menuju rumus mengkalkulasikan ongkos pemasangan plafon bangunan, kita wajib mengetahui unsur-bagian dan material yang masuk ke dalam perkiraan biaya RAB.

Dalam postingan ini Arsitur akan mengambil contoh pekerjaan memasang plafon sebuah kamar dengan ukuran 4 m x 3 m. Plafon yang dibentuk yaitu plafon datar degan desain minimalis yang memakai rangka baja hollow stainless. Penutup plafon memakai gypsum biasa. Ini merupakan material plafon yang sangat umum sekarang, kita tidak lagi menggunakan kayu selaku rangka alasannya mahal dan dianggap kurang praktis.

Material Pekerjaan Pemasangan Plafon (bahan-materi)

Material yang diperlukan ketika memasang plafon berisikan berbagai macam bahan bangunan yang mampu dibeli di toko bangunan terdekat. Material yang diperlukan pemasangan plafon tersebut tergantung dari jenis plafon, rancangan serta kombinasi yang ingin ditambahkan. Berikut ialah daftar material untuk pekerjaan pemasangan plafon mirip yang pernah aku kerjakan di proyek :
  • Rangka metal (hollow) 2 cm x 2 cm panjang 4 m
  • Gypsum Board (120x240x9)
  • Paku Kasiboard

**Catatan : dalam beberapa perkara pemasangan plafon mungkin tidak selalu menggunakan gypsum dan rangka hollow 2 x 2, semua tergantung ketersediaan bahan di kawasan Anda.

Baca Juga : Cara Menghitung Biaya Plesteran Dinding

Tenaga untuk Pekerjaan Pemasangan Plafon (biaya tukang)

Ongkos pembuatan pemasangan plafon juga harus dicatat dan masuk dalam perkiraan ongkos RAB bangunan. Dalam pekerjaan memasang plafon dalam skala besar, mungkin tidak cuma 1 jenis tukang yang melakukan pekerjaan . Berikut yaitu beberapa tukang maupun tenaga yang terlibat dalam pekerjaan pemasangan plafon.
  • Pekerja
  • Tukang Besi/Tukang Plafon
  • Mandor

**Catatan : Komponen mandor dan kepala tukang mungkin mampu dihilangkan apabila dijalankan dalam kecil-kecilan, sementara pekerja biasanya bisa diambil kiprahnya oleh tukang plafon saja.

Cara mengkalkulasikan volume pekerjaan pemasangan plafon

Volume pekerjaan pemasangan plafon dalam RAB dihitung berdasarkan luas permukaan langit-langit ruangan yang hendak dipasang plafon. Cara mencari luas ruangan yang akurat yakni dengan mengalikan panjang dan lebar ruangan tersebut. Untuk plafon seharusnya tidak menggunakan as, tetapi sisi bab dalam bangunan dan diubahsuaikan jika dalam ruangan ada bentuk lekukan seperti lekukan akhir penebalan kolom.

  • Luas langit-langit (m2) = (panjang x lebar ruangan)

Baca Juga : Cara Menghitung Biaya Mengecat Tembok

Rumus biaya pemasangan plafon gypsum rangka hollow

Kaprikornus, untuk mengenali kebutuhan biaya plafon, tinggal menjumlahkan unsur ongkos materi dan ongkos tukang. Komponen biaya materi dikalikan dengan perhitungan harga materi dan bagian ongkos tukang dikalikan dengan estimasi harga tukang. Maka untuk 1 m2 pemasangan plafon baru, memerlukan rincian bahan, tukang dan peralatan dengan biaya selaku berikut :


Analisa Pekerjaan Pemasangan 1 M2 Plafon Gypsum Rangka Hollow
NO. URAIAN PEKERJAAN SATUAN KOEFISIEN HARGA SATUAN JUMLAH HARGA
A. TENAGA
1 Pekerja OH 0,3 103.000,00 30.900,00
2 Tukang Besi/Tukang Pafon OH 0,35 115.000,00 40.250,00
JUMLAH TENAGA KERJA 71.150,00
B. BAHAN
1 Gypsum Board (120x240x9) Lbr 0,364 67.000,00 24.388,00
2 Rangka Metal Furing (2 x 4 cm) panjang 4 m Btg 1 54.000,00 54.000,00
3 Paku Kalsiboard Kg 0,11 45.000,00 4.950,00
JUMLAH HARGA BAHAN 83.338,00
C. PERALATAN
JUMLAH HARGA ALAT 0,00
HARGA SATUAN PEKERJAAN 154.488,00

Berdasarkan tabel di atas, bisa kita lihat bahwa harga pemasangan plafon baru per meter persegi adalah sebesar Rp 154.488,00 / m2.

**Catatan : Jika memakai smartphone, putar layar untuk menyaksikan tabel secara sarat . Harga material dan ongkos tukang yang tercantum dalam tabel yang digunakan mengacu pada harga yang ada dikala artikel ini disusun, harga mungkin berganti seiring waktu. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak daftar harga plafon terbaru pada link berikut ini :

Baca juga : Daftar Harga Plafon Gypsum dan GRC Per Lembar [Sudah Update]

Contoh perkiraan pekerjaan pemasangan plafon gres pada kamar :

memasang plafon pada kamar dengan alat bantu

Untuk anda yang ingin tahu bagaimana cara menjumlah ongkos pemasangan plafon gres, maka kami berikan acuan lengkapnya mengenai masalah menjumlah volume dan RAB pekerjaan pemasangan plafon baru untuk sebuah banguan kamar tidur berukuran 4 m x 3 m sesuai pengalaman di proyek. Tinggi plafon idealnya adalah 2,8 m dan berada sekitar 5 cm - 10 cm di bawah ring balok. Anggap saja ruangan ini bentuknya segi empat sempurna tanpa penebalan kolom, maka kita bisa hitung sesuai evaluasi di atas.
  • Ukuran bangunan = 4 m x 3 m
  • Tinggi Plafon = 2,8 m 

Berdasarkan data di atas, kita bisa pastikan dahulu luas akurat dari langit-langit yang hendak dipasang plafon, ialah :
  • Luas langit-langit kamar = 4 x 3 = 12 m2

Setelah mendapatkan volume pekerjaannya maka selanjutnya ialah mengalikan luas langit-langit dengan harga per meter persegi pemasangan plafon (sesuai tabel di atas), maka ongkos total pemasangan plafon baru yang diperlukan ialah :
  • Biaya Plafon = Luas plafon x harga per meter
  • Biaya Plafon = 12 m2 x Rp 154.488,00 / m2
  • Biaya Plafon = Rp 1.853.856,00 atau dibulatkan menjadi 1.860.000,00

**Catatan : Jangan lupa untuk menyisakan dana sekitar 5% dari harga perkiraan di atas untuk berjaga-jaga alasannya adalah persyaratan harga materi yang digunakan bisa saja naik seiring waktu.

Biaya Plafon langsung terhadap tukang
Dengan banyaknya bagian yang dijumlahkan dalam tabel pasti akan membuat harga plafon cukup mahal per meter perseginya, terlepas sebab harga bahannya yakni bahan mutu terbaik. Namun untuk proyek rumah tinggal, kita bisa memesan plafon dengan harga yang lebih hemat, pastinya ada pengurangan dalam kualitas materi dan rangka plafon serta rancangan plafon itu sendiri. Berikut yaitu hasil survey saya terkait harga plafon per meter persegi tahun 2019 :
  • Biaya pasang plafon + rangka jadi dengan rancangan minimalis adalah 75 - 90 ribu per meter persegi
  • Biaya pasang list gypsum 5 - 7 cm jadi yaitu 15-20 ribu per meter panjang
  • Biaya pasang tali air plafon ialah 18 - 25 ribu per meter panjang
Baca juga : Pengertian Tali Air, Letak dan Fungsinya pada Bangunan

Demikianlah perihal cara menghitung ongkos pemasangan plafon gres, agar bermanfaat dan mampu memperbesar wawasan. Meskipun pekerjaan plafon ini sejatinya bukan pekerjaan struktural, namun ini sungguh penting untuk menciptakan rumah tampil menawan, higienis dan tenteram digunakan.
Sumber https://www.arsitur.com/


EmoticonEmoticon