Minggu, 02 Agustus 2020

7 Cara Membuat Dapur Kecil TampakLebih Luas

Dapur seringkali mampu terlihat sungguh ramai dan sesak apalagi bila ruang untuk membuat dapur sangat terbatas ditambah dengan rancangan yang kurang pas. Sejatinya kita mampu menciptakan dapur tampaklebih luas dan lega tanpa perlu memperluas ruangan.

Berikut ini ialah beberapa cara jitu untuk membuat dapur terlihat luas dan lega dalam beraktivitas :

1. Rak Terbuka di Bagian Kabinet Atas


dapur dengan kabinet terbuka - IMG

Jika kita memiliki ruang dapur yang sempit maka sebaiknya kita tidak menggunaan kabinet atas yang tertutup dan masif. Cukup kita mengandalkan kabinet bab bawah yang mesti dimaksimalkan. Sementara pada bab atasnya kita masih mampu menciptakan penyimpanan dengan rak terbuka.

Gunakan rak melayag yang menempel di dinding. Tempat pisau, rak piring dan sendok masak seluruhnya mampu ditempel di dinding. Rak terbang bisa kita beli terpisah dan pasang sendiri di dapur. Ada rak dengan metode paku, dibatu ke dinding atau ditempel dengan perekat. Cara ini juga menjadi pilihan yang lebih hemat biaya dibanding membuat kitchen set full. Ini ialah cara terbaik membuat dapur kecil tampaklebih luas dan lega.

2. Pasang Cermin Di Backsplash

cermin backsplash dapur - IMG

Cara selanjutnya untuk menambah kesan luas di dapur yang kecil ialah dengan memperbesar cermin pada dinding dapur. Tipuan cermin selalu sukses menipu mata kita ihwal luasan ruang yang sebetulnya. Cermin juga ialah salah satu material bangunan yang terbaru dan elegan.

Gunakan cermin dengan bahan yang elok agar tidak mudah rusak oleh cipratan materi makanan yang pastinya sering menyentuh permukaan cermin. Daya pantul cermin di backsplash juga bisa disesuaikan dengan desain. Umumnya tidak mesti menggunakan cermin bening yang pantulannya 100%. Kita mampu memakai tinted glass yang pantulannya lebih halus dan warna yang lebih beragam.

Baca juga : Jenis Layout Dapur (Kitchen Set) Klasik yang Populer

3. Kabinet Bawah Melayang

kaki kabinet dibuat nampak terbang - IMG

Salah satu hal yang bisa membuat dapur terasa kecil dan sesak yaitu kabinet bawah yang tertutup. Kesan kabinet yang besar dan berat membuat dapur terasa sempit. Desain kabinet bawah yang menjamah lantai juga menambah kesan furniture yang berat di bagian bawah.

Untuk mengatasi ini dan membuat dapur lebih luas dan ringan, coba gunakan rancangan kabinet bawah yang tampakmelayang. Melayang memiliki arti bukan tanpa kaki, namun kaki kabinet bawah dengan ketinggian 10 cm dari lantai dibentuk mundur 8 cm sampai 10 cm sehingga sekilas nampak terbang dan ringan. Selain itu, cara ini juga melindungi jari kaki dari benturan dengan kaki kabinet.

4. Memilih Peralatan Dapur yang Simple

kompor tanam untuk dapur kecil - IMG

Cara selanjutnya untuk menciptakan dapur terlihat lebih luas adalah dengan memperhatikan peralatan dapur yang akan dipakai. Kompor di dapur tidak mesti menggunakan kompor lazimyang bangkit sendiri, coba gunakan kompor tanam sehingga meja kabinet dapur terlihat lebih luas dan bebas.

Selain kompor, pilihan washtafle juga penting. Untuk dapur kecil, jangan menggunakan washtafle double yang banyak menyantap ruang, gunakan washtafle biasa, selalu ada opsi washtafle yang lebih kecil untuk dapur sempit.

Baca juga : Jenis-jenis Keran Dapur Berdasarkan Bentuknya

5. Kabinet dengan Kaca

kabinet beling - IMG

Kaca yaitu material yang tembus pandang yang bisa meminimalkan kesan masif dirinya sendiri. Menggunakan material kaca pada kabinet dapur merupakan cara ampuh menciptakan dapur kecil nampak lebih luas. Selain itu beling juga menciptakan dapur nampak lebih berkelas.

Namun menggunakan beling mesti juga diperkuat oleh rangka baja. Gunakan kabinet yang mempunyai banyak beling atau pesan khusus rancangan kabinet dapur dengan kaca. Menggunakan kaca untuk kabinet bawah bisa dijalankan tetapi mesti dengan beling yang lebih tebal agar tidak pecah.

6. Gunakan Warna Terang

dapur dengan warna jelas - IMG

Warna terang menciptakan kesan ruangan lebih lapang. Ini adalah cara yang baik membuat dapur kita nampak lebih luas. Warna cerah seperti hijau muda, kuning, oranye, coklat muda merupakan beberapa warna yang sering dipakai di dapur.

Hindari memakai warna kontras pada dapur kecil alasannya adalah dapat memperbesar sumpek ruangan. Gunakan warna soft yang halus pada cat tembok, topping meja dan cat kabinet.

Baca juga : Tips Memilih dan Memesan Kitchen Set

7. Desain Kabinet Bergaya Minimalis Kompak

rancangan dapur minimalis ala scandinavian - IMG

Jika dapur ruangannya telah kecil, jangan memperlihatkan rancangan yang ruet juga. Gunakan rancangan kitchen set minimalis biar dapur nampak simple dan rapi. Biarkan kesan kosong mendominasi ruangan sehingga akan terlihat lebih luas.

Ada banyak wangsit kitchen set yang bisa Anda temukan di Arsitur, kami senantiasa update dengan perkembangan gaya kitchen set minimalis yang banyak diminati masyarakat.

Demikian mengenai Cara-Cara Membuat Dapur Kecil Terlihat Lebih Luas. Semoga dapat menambah pengetahuan, memberi ide Anda yang ingin merealisasikan rumah harapan dengan rancangan dapur yang ideal untuk Anda.
Sumber https://www.arsitur.com/


EmoticonEmoticon