Selasa, 13 Oktober 2020

7 Jenis Exhaust Fan Dan Cara Menggunakannya

Exhaust Fan yaitu kipas angin penyerap udara yang digunakan untuk mengeluarkan udara dari ruangan. Exhaust fan akan sangat berfaedah untuk mengeluarkan udara kotor dan anyir seperti di kamar mandi, dapur, area merokok dll.

Faktanya, sungguh sedikit orang yang sadar bahwa "udara kotor" mampu memiliki efek yang merugikan pada kesehatan insan, dimana udara ini terkurung di rumah dalam rentang waktu yang lama.



Kurangnya aliran udara dari ventilasi alami biasanya menjadikan duduk perkara seperti jamur, lembab, dan bahkan kerusakan pada dinding dan furnitur. Selain itu, mampu juga menjadikan penyakit mirip alergi, pusing, atau asma.

Oleh alasannya itu, memiliki exhaust fan akan sungguh menolong menangani duduk perkara ini, karena kini kita dapat mendaur ulang udara yang kita hirup saban hari. Berbagai jenis exhaust fan tersedia di toko terdekat, masing-masing exhaust fan memiliki karakteristiknya sendiri. Berikut ini 7 Jenis Exhaust Fan dan Cara Menggunakannya di setiap ruangan.

01. Exhaust Fan untuk Plafon


Jika Anda mempunyai kamar di lantai atas yang memerlukan pemikiran udara yang lebih baik, kipas yang terpasang di plafon ialah opsi terbaik. Exhaust fan ini bisa dipasang ke plafon ruangan dengan melubangi bab plafon. Exhaust fan ini memiliki box luar yang manis sehingga tidak akan menciptakan tampilan plafon Anda berantakan.

Mereka akan mengeluarkan udara di dalam melalui lubang di langit-langit ruangan. Karena itu, kipas yang dipasang di langit-langit lebih sering menggunakan lubang di loteng gedung. Jenis Exhaust fan ini ialah yang paling biasa dan dipasang di banyak sekali area seperti basement, kamar mandi, smoking area dll.

02. Exhaust Fan untuk Dinding


Jenis exhaust fan dinding ini sangat ideal jika Anda tak mau menghabiskan banyak waktu untuk menyiapkan pemasangan kipas pada plafon. Kipas yang dipasang di dinding disalurkan ke dinding luar rumah Anda, dan memungkinkan udara di dalam keluar langsung melalui kipas itu sendiri.

Meskipun demikian penggunaan jenis exhaust dinding kurang cocok untuk ruangan yang jauh dari dinding luar, Anda tidak bisa memasangnya di dinding bagian dalam rumah. Jenis Exhaust ini banyak dipasang untuk bengkel dan smoking area sebab cepat mengeluarkan asap dari ruangan.

Baca juga : Cara Menghemat Listrik AC di Rumah

03. Exhaust Fan untuk Eksterior


Jenis kipas ini umumnya terlihat dari atap bangunan, kipas jenis ini betul-betul mengeluarkan udara dari dalam gedung dan mengeluarkannya di luar. Exhaust fan ini sangat sesuai untuk mereka yang tidak menginginkan persoalan kebisingan, sebab dalam hal ini kegaduhan yang dipancarkan dari kipas akan berada di luar rumah.

Berbeda dengan jenis sebelumnya, exhaust fan ini unitnya betul-betul berada di luar bangunan. Cocok dipakai untuk pabrik, bengkel, gudang maupun ruangan besar seperti lapangan futsal.

04. Exhaust Fan untuk Dapur


Jenis Exhaust fan ini ialah furniture suplemen umum di banyak dapur, alasannya sungguh memiliki kegunaan untuk dipasang di atas kompor. Exhaust fan untuk dapur yaitu cara terbaik untuk menetralisir aroma tak terhindarkan yang melekat di dapur mana pun.

Saat memasak makanan, aroma masakan kerap kali bertebaran bebas di dapur, berbagai jenis bumbu mampu menjadikan bersin. Exhaust fan dapur umumnya menyala ketika api kompor dinyalakan. Selain itu, jenis exhaust fan ini juga sangat sesuai untuk meminimalkan tingkat kelembaban dapur Anda.

Baca juga : Mengenal AC Split, Sistem Kerja dan Komponennya

05. Exhaust Fan untuk Kamar Mandi


Setelah mandi atau dikala mandi kelembapan tak terhindarkan dan akan menumpuk di permukaan ubin dan cermin kamar mandi Anda. Memasang exhaust fan di kamar mandi Anda akan menentukan bahwa kelembaban yang dihasilkan dari pencucian ini akan gampang dihilangkan.

Exhaust fan kamar mandi paling cocok dipasang di atas toilet alasannya adalah dapat menyerap anyir kotoran secara pribadi. Exhaust fan di kamar mandi lazimnya yaitu jenis exhaust fan plafon. Selain itu, exhaust fan kamar mandi umumnya lebih kecil dan lebih terjangkau ketimbang exhaust fan jenis lain di pasaran.

06. Exhaust Fan Inline


Jika Anda ingin memasang exhaust fan di ruangan yang sulit berventilasi, Anda mesti memilih exhaust fan inline (sebaris). Kipas ini akan dipasang di sela-sela saluran, sehingga udara kotor dikeluarkan lewat kanal.

Saluran bisa berbentukpipa udara yang berjalan melewati plafon dan tembus keluar ruangan. Dengan cara ini kita dapat mengeluarkan amis tanpa menambah beban ruangan lainnya.

Baca juga : Sistem Ventilasi dan Faktor Yang Mempengaruhi Ventilasi pada Bangunan

07. Exhaust Fan dengan Lampu


Selain melaksanakan apa yang dikerjakan exhaust fan biasa, jenis exhaust fan kombo ini juga mampu merenggangkan area berventilasi Anda. Ini ialah cara yang bagus untuk menciptakan kipas lebih estetis.

Kipas yang dilengkapi lampu bertindak seperti lampu biasa di kamar, padahal berfungsi ganda untuk menyerap cahaya. Jenis exhaust fan ini cocok untuk mereka yang mengutamakan performa ruang.

Demikianlah tentang 7 Jenis Exhaust Fan dan Cara Menggunakannya. Luangkan waktu yang diharapkan untuk menganalisa kebutuhan Anda dengan hati-hati dan pilih kipas angin yang tepat untuk setiap ruangan. Ada banyak merek dan ukuran yang mampu dipilih, sesuaikan dengan rancangan masing-masing.
Sumber https://www.arsitur.com/


EmoticonEmoticon