Rabu, 14 Oktober 2020

Hierarki Dalam Arsitektur : Pemahaman, Prinsip Dan Misalnya

Hierarki dalam arsitektur didefinisikan sebagai "Seberapa pentingnya sebuah bentuk atau ruang atau komposisi, berkaitan dengan ukuran, bentuk, atau penempatan relatif kepada bentuk dan ruang atau komposisi lain dari organisasi ruang."

Ada beberapa prinsip Arsitektur yang dipakai oleh arsitek dan sejarawan dalam rancangan yang meningkat , namun di sini kita cuma akan membahas satu prinsip khusus yang disebut "hierarki dalam arsitektur".

Definisi Hierarki dalam Arsitektur

Pengertian Hierarki dalam arsitektur menggambarkan unsur-komponen bangunan atau organisasi ruang dengan seberapa menonjol/penting mereka. Semakin tampaksuatu unsur, maka kian penting bagi arsitek dan estetika keseluruhan rancangan.

Hierarki selaku salah satu prinsip arsitektur yaitu ihwal memahami mengapa beberapa bab ditekankan dan memiliki bobot visual lebih dari unsur yang lain. Dengan menggunakan bagian-unsur itu kita bisa membuat desain yang seimbang atau tidak seimbang, tergantung pada desain keseluruhan.

Baca Juga : 6 Prinsip Desain Arsitektur

Hirarki yakni sistem yang mengendalikan ruang menurut Seberapa pentingkah mereka? Hirarki dalam arsitektur paling kerap ditetapkan lewat penggunaan bentuk, ukuran, warna, atau lokasi atau penempatan yang unik.

Prinsip Hierarki dan Sistem Nilai Ruang

Dengan mengikuti unsur atau bentuk yang dirancang ini akan gampang tampakdari keseluruhan rancangan yang secara estetika ditekankan oleh seorang arsitek untuk keseluruhan rancangan bangunan.

Prinsip hierarki dalam arsitektur menyiratkan bahwa dalam sebagian besar desain, tidak semua komposisi arsitektur ada perbedaan faktual antara bentuk dan ruangnya. Perbedaan-perbedaan ini merefleksikan tingkat pentingnya bentuk dan ruang ini, serta peran fungsional, formal, dan simbolik yang mereka mainkan dalam organisasi ruang.

Sistem nilai dengan tingkat kepentingan yang relatif diukur tentu saja akan tergantung pada suasana spesifik, keperluan dan keinginan pengguna, dan keputusan arsitek atau perancang.

Nilai-nilai yang diungkapkan mampu berbentukindividu atau kolektif, eksklusif atau budaya. Pentingnya untuk memakai hierarki dalam arsitektur ialah untuk menekankan elemen atau ruang tertentu yang menggambarkan pentingnya atau kekuatan bangunan oleh unsur-elemen tertentu.

Contoh Hierarki dalam Arsitektur

Hierarki dalam arsitektur didefinisikan sebagai  Hierarki dalam Arsitektur : Pengertian, Prinsip dan Contohnya
Contoh Hierarki dalam Arsitektur

Contohnya bisa dilihat pada Candi Borobudur yang memakai sistem hierarki yaitu sebuah Candi Utama yang berada di tengah diletakan pada kawasan yang paling tinggi, tengah-tengah, dan dibuat paling besar, menjadikan sebuah poros yang terpenting dibanding lainnya.
Sumber https://www.arsitur.com/


EmoticonEmoticon