Senin, 19 Oktober 2020

Perbedaan Warna Hangat Dan Warna Hambar

Bagaimana kita tahu warna mana yang terbaik untuk setiap rancangan? Desainer senantiasa mengatakan tentang perumpamaan-perumpamaan mirip warna hangat (warm colour) dan warna masbodoh (cool colour). Apa yang sesungguhnya mereka maksud dengan warna hangat dan warna hambar ? Mendapatkan pemahaman ihwal istilah-ungkapan ini akan membantu kita memilih warna ketika mendesain arsitektur bangunan maupun interior.

Desainer interior lazimnya menggunakan warna selaku salah satu alat utama mereka untuk menciptakan interior rumah yang indah. Warna hangat dan acuh taacuh mampu secara visual memperluas atau mengecilkan ruang, mengoptimalkan dan menurunkan langit-langit Anda, dan bahkan memengaruhi perasaan Anda.

Bagaimana kita tahu warna mana yang terbaik untuk setiap desain Perbedaan Warna Hangat dan Warna Dingin
Lukisan dengan warna hangat dan warna dingin


Setelah penyusunan rencana sketsa dan bangunan rumah, warna ialah salah satu faktor rancangan yang terpenting untuk ruang atau ruangan. Untuk mendesain ruang yang mampu memajukan kesehatan, kemakmuran, dan keelokan, Anda juga perlu mengetahui psikologi warna. Hal ini dapat menciptakan atau meremajakan suasana hati Anda, membuat Anda tersenyum, menghilangkan stres Anda dan menolong Anda tidur malam lebih nyenyak.

Mengetahui warna mana yang menawarkan nuansa hangat dan yang menunjukkan nuansa hambar yang bisa membuat penataan rumah Anda sedikit lebih gampang. Warna ialah rancangan yang sangat luas untuk dijelajahi, tetapi, dalam artikel ini, Arsitur akan membicarakan ihwal apa itu warna Hangat dan Dingin, perbedaan dasarnya dan bagaimana warna hangat dan warna cuek ini akan membantu Anda saat membuat bagan warna untuk interior rumah Anda.

Memahami Roda Warna


Bagaimana kita tahu warna mana yang terbaik untuk setiap desain Perbedaan Warna Hangat dan Warna Dingin
Roda warna hangat dan warna dingin

Mari kita mulai dari roda warna yang banyak, dan dengan warna-warna primer, merah, kuning dan biru, alasannya semua variasi warna lainnya dicapai dengan mencampurkan ketiga warna ini.

Bagan roda warna dapat membantu kita mengerti klasifikasi biasa warna hangat dan acuh taacuh. Warna ini tersedia dalam bentuk cat yang terjual secara online atau di toko cat mana saja. Kita bisa menentukan warna hangat dan warna hambar yang menyenangkan untuk menghias kamar.

Warna Hangat dan Warna Dingin dalam Desain

Kita akan mampu dengan segera mengetahui dan merasakan makna yang terkait dengan warna-warna hangat dengan matahari, sebagai sumber kehidupan dan kehangatan bagi siapa pun mirip Merah, Kuning dan Oranye. Di segi lain, jikalau kita menimbang-nimbang gunung bersalju yang sejuk, kita mendapatkan warna keren mirip Hijau, Biru dan Violet. Mengetahui cara memakai roda warna untuk kesan ruang adalah bab penting dalam ilmu desain apapun.

Warna Hangat dan Efeknya pada Ruangan


Sisi roda warna yang berisikan merah, kuning, oranye bareng dengan banyak sekali variasi warna yang lain, lazimnya disebut sebagai warna hangat.

Warna-warna hangat sering mengingatkan kita pada sinar matahari, pasir, api, dan panas. Karena itu, warna ini umumnya menarik perhatian dan umumnya dianggap energik atau menggairahkan!

Warna-warna hangat memberi Anda kedekatan dan menunjukkan lingkungan yang sangat tenteram. Warna-warna ini mampu menciptakan ruangan besar terlihat lebih dekat dan lebih memanggil. Misalnya jikalau Anda memiliki ruangan yang terlalu besar, coba warnai dengan warna yang lebih gelap dengan nada warna yang hangat. Maka itu akan menciptakan kamar Anda terlihat lebih nyaman.

Biasanya warna-warna ini cenderung mempunyai semua mutu kehangatan, alasannya adalah panas, pedas mampu menstimulasi dan membangkitkan emosi kita yang sangat memerlukan kehangatan. Ini ialah alasan mengapa Merah adalah warna yang paling berhasil di pasar untuk produk-produk seperti lipstik Merah, Coca-Cola, Ferrari, dll.

Bagaimana kita tahu warna mana yang terbaik untuk setiap desain Perbedaan Warna Hangat dan Warna Dingin
Interior restoran dengan warna hangat

Dalam desain interior, warna-warna hangat cocok dengan gaya hiasan tradisional dan juga di ruang sosial/publik rumah kita, mirip ruang tamu, ruang makan, dan dapur. Warna hangat juga ideal untuk kedai makanan dan bar, di mana aktivitas sosialisasi, makan dan minum sangat dominan.

Bahkan untuk tujuan kesehatan, warna-warna ini juga dikenal untuk meningkatkan efek adrenalin (hormon yang mengembangkan laju sirkulasi darah, metabolisme karbohidrat, dll) dan laju pernapasan, meningkatkan tekanan darah dan suhu badan, sehingga membuat Anda merasa lebih hangat. Jelas, makin besar lengan berkuasa warnanya kian besar lengan berkuasa efeknya.

Warna Dingin dan Efeknya pada Ruangan

Warna cuek digunakan untuk menggambarkan warna apa pun yang bersifat damai atau menenangkan. Pada dasarnya, warna acuh taacuh yakni sisi roda warna di mana kita menyaksikan warna Biru, hijau, dan ungu. Sebagai teladan ketika kita mempertimbangkan danau atau sumber air yang cuek, kita lazimnya menyaksikan warna-warna acuh taacuh.

Warna-warna sejuk yang menenangkan dan tentram menolong menenangkan emosi dan mempertajam fikiran kita, dengan memungkinkan asumsi kita melaksanakan pekerjaan terbaik. Inilah sebabnya mengapa biru biasanya yakni warna yang paling terkenal untuk pakaian dan kemeja bisnis, serta seragam.

Selain itu, warna sejuk ialah yang terbaik untuk ruangan dimana fokus, ketenangan dan istirahat adalah yang terpenting, seperti kamar tidur, kantor, dan kamar bayi.

Warna hambar dapat secara efektif menghemat panas di kamar yang terlalu panas di ekspresi dominan panas. Jika Anda mempunyai ruangan yang mendapat banyak sinar matahari, cobalah menyeimbangkan suasana dengan warna-warna sejuk, mirip hijau tua dan biru bahari.

Warna-warna sejuk juga elok untuk kamar-kamar kecil, di mana Anda ingin ruangan Anda terlihat besar, alasannya warna-warna ini cenderung menciptakan ruangan kecil Anda lebih besar.

Warna-warna dingin melakukan pekerjaan dengan baik untuk kamar tidur di mana kita ingin bermalas-malasan mirip kamar tidur dengan warna biru maritim, mereka menyerap cahaya dibanding memantulkannya. Mereka memiliki kecenderungan untuk "mundur" atau "memperluas" ruangan dengan menciptakan ruang lebih besar demi ketentraman.

Bagaimana kita tahu warna mana yang terbaik untuk setiap desain Perbedaan Warna Hangat dan Warna Dingin
Interior kamar tidur dengan warna masbodoh

Oleh alasannya itu, warna yang hambar sering digunakan untuk mengecat dinding ruangan kecil biar tampaklebih besar. Misalnya jikalau kita memiliki kamar tidur kecil dan ingin memiliki tampilan yang lebih besar, maka coba cat dinding dengan warna biru muda semoga lebih luas.

Desain kamar yang sukses akan senantiasa mempunyai variasi warna hangat dan warna cuek dalam konteks desain, namun umumnya satu atau lainnya harus mendominasi. Warna sering menyertakan "kepribadian" ke ruang, karena dapat sebanding dengan warna netral.

Demikian perihal perbedaan warna hangat dan warna hambar, silahkan berkomentar perihal warna favorit Anda. Semoga berfaedah.
Sumber https://www.arsitur.com/


EmoticonEmoticon