Jumat, 26 Juni 2020

Ukuran Persyaratan Pemasangan Toilet Duduk

Toilet duduk yaitu type toilet yang sangat disenangi ketika ini. Jenis toilet duduk ini mulai memindah jenis toilet jongkok. Untuk memasang toilet duduk ada persyaratan dan syarat yang mesti disertai sehingga toilet dapat nyaman digunakan.

Ukuran Standar Pemasangan Toilet Duduk

Artikel ini akan membicarakan tentang ukuran kriteria pemasangan toilet duduk dan komponen-komponen pelengkapnya seperti jet washer, daerah jet washer dan daerah tisu. Termasuk juga perkiraan jarak ke tembok, ketinggian, posisi dan sebagainya.

1. Posisi Toilet Duduk pada Denah
 
Ukuran Standar Pemasangan Toilet Duduk

Yang pertama kita akan bahas tentang posisi toilet pada bagan yakni menempel di dinding permanen. Pada bagian bawah toilet akan terpasang pipa air dan pipa pembuangan kotoran.

Posisi toilet duduk seharusnya akrab pintu masuk dan tidak berhadapan dengan jendela sehingga tidak mampu terlihat orang dari luar.

2. Jarak Samping Toilet Duduk
Lebar sekurang-kurangnyaruang toilet ialah 80 cm bersih, artinya itu yakni lebah bab dalam dan bukan garis as. Lebar ini diambil menurut kebiasaan orang untuk beraktivitas dan memutar badan.

Dengan demikian maka jarak sekurang-kurangnyaantara as toilet ke tembok adalah 40 cm. Sementara jarak antara bagian pinggir samping toilet ke dinding adalah sekitar 20 cm.

3. Jarak Depan dan Belakang Toilet
Antara bagian belakang toilet ke dinding jaraknya minimal ialah 5 cm, gunanya untuk pembersihan tubuh toilet itu sendiri. Sementara jarak bagian depan ke dinding sekurang-kurangnya60 cm, jika ada pintu yang terbuka ke arah dalam, maka jaraknya yakni 80 cm.

4. Pintu Toilet duduk
Pintu toilet minimal memiliki kudapan higienis 65 cm dengan tinggi sekurang-kurangnya180 cm untuk sirkulasi 1 orang remaja. Untuk pintu toilet disarankan memakai pintu jenis swing sebab pintu sliding riskan tembus air dan tutupannya kurang rapat.

Untuk materi pintu sebaiknya memakai materi kedap air mirip aluminium dan PVC. Bila menggunakan pintu toilet kayu, maka bagian dalam pintu dan kusen akan riskan rusak sehingga perlu diberi cat atau pelapis anti air.

5. Dimensi Toilet Duduk

Dimensi toilet duduk

Tinggi toilet duduk yang ideal yakni 40 cm. Lebar badan totoal lazimnya yaitu 70 cm tergantung type yang dipakai. Lubang untuk duduk berbentuk elips memanjang kedepan dengan ukuran sekitar 20 x 33 cm.

Toilet duduk biasanya mempunyai 2 epilog, penutup pertama dengan lubang untuk duduk, tutup yang kedua yakni untuk tutup penuh. Buka kedua tutup untuk fungsi urinoir (kawasan kencing).

6. Jet Washer

Detail Toilet duduk

Bila memakai toilet duduk maka penting untuk memikirkan alat untuk membersihkan pantat. Biasanya kita menggunakan jet washer sebab eco washer hanya dipakai untuk toilet kelas glamor.

Posisi jet washer umumnya di sebelah kanan toilet duduk, dilihat dari posisi dikala memakai toilet. Jet washer berjarak sekitar 5 cm - 10 cm dari pinggir toilet.

Pipa kran Jet washer sebaiknya dipasang pada ketinggian 50 cm dari lantai. Sementara tuas untuk menggantung jet washer posisinya yakni 75 cm di atas lantai.

7. Tempat Tisu
Selain jet washer, kelengkapan utama yang ada pada toilet duduk yakni kawasan tisu. Posisinya umumnya di sebelah kiri toilet duduk dilihat saat menggunakannya.

Tempat tisu biasanya diletakan di tembok sebelah atau berjarak sekitar 10 cm dari pinggir toilet. Tinggi gantungan kawasan tisu yakni 75 cm dari lantai.

8. Floor Drain
Floor drain yakni lubang drainase untuk menampung air di toilet, lazimnya diletakan di pojok ruangan di sebelah toilet. Lantai mesti memiliki kemiringan setidaknya 4% biar air di toilet mampu mengalir lancar.

Demikianlah mengenai Ukuran Standar Pemasangan Toilet Duduk, Semoga berguna dan dapat menambah pengetahuan teman Arsitur seluruhnya.

Referensi :


Sumber https://www.arsitur.com/


EmoticonEmoticon