Sabtu, 25 Juli 2020

Rks Dinding Partisi Gypsum - Acuan Dokumen Proyek

Dalam mengerjakan dinding partisi gypsum, kita perlu mengacu pada rencana kerja dan syarat-syarat (RKS) yang sudah ditetapkan dan disepakati bareng oleh kontraktor maupun pemiik proyek. RKS Dinding Partisi Gypsum menampung banyak sekali spesifikasi teknis dan metode pelaksanaan pemasangan dinding partisi gypsum biar mendapatkan hasil yang bagus sesuai yang diharapkan. RKS atau spesifikasi teknis sering diharapkan dalam proyek-proyek pemerintah dan swasta selaku dokumen perhiasan selain gambar dan RAB.


RKS Dinding Partisi Gypsum - Contoh Dokumen Proyek

RKS dinding partisi gypsum ini menerangkan banyak hal-hal teknis tentang pemasangan dinding partisi gypsum mulai dari tolok ukur materi dinding partisi, ukuran-ukuran, rangka yang digunakan, tata cara penyambungan rangka, cara menempelkan gypsum ke rangka termasuk bagaimana pertemuan antara dinding dengan lantai atau dinding dengan plafond.

Berikut ini merupakan pola RKS Pekerjaan Pasangan Dinding Partisi Gypsum Rangka Hollow yang mampu dipakai untuk menyusun spesifikasi teknis yang hendak melengkapi gambar sehingga pelaksana proyek menemukan informasi yang sejelas-jelasnya tentang teknis pekerjaan. Silahkan sesuaikan kembali dokumen berikut ini jika ada spesifikasi yang berbeda dengan proyek Anda.

Pekerjaan Pasangan Dinding Partisi Gypsum Rangka Hollow

1.  Standar & Bahan

a. Bagian ini mencakup pengadaan tenaga, bahan, peralatan serta pemasangan partisi gypsum dengan rangka metal stud ex. Jayaboard dan pekerjaan lain yang cocok dengan rincian yang dinyatakan dalam gambar dan atas petunjuk Konsultan Pengawas.
b. gypsum dipasang pada kedua segi rangkanya (double face/dua muka) dan dipasang tegak lurus dari lantai sampai setinggi plafond (rapat dengan plafond).
c. Meskipun beberapa material finishing telah ditentukan jenisnya, tetapi sebelum dilaksanakan harus dipresentasikan terlebih dahulu kepada Pemberi Tugas untuk menentukan warna yang akan digunakan.
d. Sistem Pemasangan Partisi Rangka Metal Jayaboard terdiri dari pemasangan satu atau beberapa lembar papan gipsum Jayaboard yang dipasang pada rangka metal tahan karat dengan menggunakan skrup. Rangka yang dipakai adalah Rangka Boral Metal System (BMSys) yang memproduksi rangkaian system dinding partisi rangka metal secara menyeluruh, tergolong system partisi ringan (non load bearing) dan system partisi pemikul beban (load bearing).
e. Beberapa bagian BMS, termasuk wall stud dan wall  track diperkuat dengan menggunakan lekukan.

2.  Bahan dan Peralatan

a. gypsum yang dipakai adalah brand Jayaboard dengan ketebalan 4,5 mm.
b. Finishing gypsum dicat sesuai dengan Pasal PEKERJAAN CAT, juga mesti mempunyai daya tahan kepada ancaman kebakaran minimal 60 menit.
c. Rangka partisi menggunakan metal stud brand Jayaboard. Apabila ada yang memakai rangka kayu di kawasan tertentu, seluruh rangka kayu harus diserut sampai lurus dan di-treatment dengan bahan anti rayap. Ukuran dan Tipe sesuai gambar.
d. Ketebalan partisi yakni 100 mm. Sistem Pemasangan Partisi Rangka Metal Jayaboard terdiri dari pemasangan satu atau beberapa lembar papan gypsum Jayaboard yang dipasang pada rangka metal tahan karat dengan menggunakan skrup.
e. Rangka yang digunakan yakni Rangka Boral Metal System (BMSys) yang memproduksi rangkaian system dinding partisi rangka metal secara menyeluruh, tergolong system partisi ringan (non load bearing) dan system partisi pemikul beban (load bearing).
f. Beberapa komponen BMS, tergolong wall stud dan wall  track diperkuat dengan menggunakan lekukan.

3.  Pelaksanaan Pemasangan Dinding Partisi

a. Semua partisi atau dinding pembatas ruangan mesti dibuat/diresmikan tegak lurus dengan lantai.
b. Rangka-rangka partisi diusahakan dipasang pada bagian-bab struktur gedung, disekrup dan lain-lain, semoga tidak mudah roboh jikalau kena benturan.
c. Panel gypsum dipasang rata di kedua segi tanpa ada sambungan horizontal ditengahnya. Semua sambungan antar panel gypsum mesti di tengah dengan paper tape dan ditutup dengan joint compound dan diamplas halus dengan permukaan yang rata. Panel gypsum mesti ditempel pada rangka-rangkanya dengan sekrup khusus (standart) dengan jarak ke arah horizontal maximal 60 cm arah vertikal 40 cm, kecuali untuk bab tepinya.
d. Pemasangan susukan pegangan dibawah (lantai) digunakan skrup fiser S6 atau kalau kondisi lapangan memaksa boleh memakai paku beton 1,5 cm s/d 2 cm, setiap jarak 30 cm.
e. Pemasangan kanal pegangan ke plafond menngunakan paku full drat S 6 dengan jarak skrup maximal 30 cm dengan skrup yang lain.

4.  Hasil tamat yang dikehendaki

a. Dinding tidak bergelombang.
b. Posisi dan kelurusan harus sesuai dengan gambar rencana.
c. Dinding harus higienis dari sisa – sisa paku/baut dan kotoran lainnya.
d. Tidak ada rongga antara lantai dengan dinding.

Demikianlah perihal teladan RKS Pekerjaan Pasangan Dinding Partisi Gypsum Rangka Hollow yang mampu dipakai untuk kebutuhan dokumen proyek, kalau ada yang kurang terang, silahkan tanyakan pada kolom komentar.

Download Contoh RKS Pekerjaan Pasangan Dinding Partisi Gypsum Rangka Hollow dalam bentuk word [.DOC] DI SINI.

Baca Juga :

Sumber https://www.arsitur.com/


EmoticonEmoticon