Minggu, 28 Juni 2020

20 Hak Dan Keharusan Seorang Anak Di Rumah Dan Di Dalam Keluarga

20 hak dan keharusan seorang anak di rumah dan di dalam keluarga - Hak adalah sesuatu yang berhak didapatkan dari orang tersebut sedangkan keharusan yaitu sesuatu yang harus dilakukan oleh orang tersebut. Setiap insan diberikan hak dan kewajiban biar hidupnya mampu berjalan dengan seimbang serta berjalan dengan seharusnya.

 hak dan kewajiban seorang anak di rumah dan di dalam keluarga  20 Hak dan Kewajiban Seorang Anak di Rumah dan di Dalam Keluarga

20 Hak Dan Kewajiban Anak Di Rumah Dan Keluarga


1. Membantu Orang Tua

Sebagai seorang anak mempunyai kewajiban yang harus dijalankan di rumah mirip menolong orang bau tanah dikala kesulitan serta melakukan perintahnya. Demi mempertahankan perasaan orang bau tanah, kerjakan apa yang diperintahkan oleh mereka dalam artian melaksanakan hal-hal yang tidak merugikan orang lain, kalau hal ini mampu anda lakukan dengan hati yang penuh dengan keikhlasan dan hal ini mampu menanamkan jiwa sukarela dan jiwa suka membantu pada anak sehingga akan mempunyai huruf ringan tangan pada orang lain.

2. Mendo’akan Orang Tua


Orang bau tanah kita yaitu dua sosok manusia yang paling berguna dan perlu kita jaga. Umur orang tua yang semakin bertambah serta daya tahan badan yang semakin menurun dapat menciptakan mereka rentang terkena sakit. Oleh alasannya itu seorang anak memiliki kewajiban untuk senantiasa mendo’akannya walaupun salah satu orang tuanya telah meninggal dunia sebagai anak kita juga wajib untuk berziarah dan mendo’akannya. Meminta kepada Tuhan semoga orang tua kita senantiasa diberi kesehatan, kebahagiaan dan umur yang panjang.

3. Membahagiakan Orang Tua


Orang tua akan mencicipi senang di usia yang telah bau tanah apabila anaknya mampu melaksanakan hal-hal yang dapat menciptakan perasaan dan hidupnya senang. Ajaklah mereka untuk liburan, jalan-jalan, membelikan kado, berkumpul bareng dan ketawa bersama anak-anaknya. Orang renta tentu akan berfikir bahwa di hidupnya masih diperhatikan dan berhasil mendidik anaknya dengan menanamkan perilaku balas budi.

4. Merawat Orang Tua

Saat orang renta kita jatuh sakit alangkah baiknya kita sebagai anak senantiasa menjaga dan merawatnya sampai sembuh. mirip yang dilaksanakan orang bau tanah di saat anaknya sakit, mereka juga menjaga serta merawat anaknya hingga sembuh. Orang bau tanah yang selalu merawat anaknya dari mulai ia bayi sampai dia tumbuh dewasa sedangkan anaknya hanya merawat orang tuanya di saat mereka renta saja.


5. Belajar Di Rumah

Selain berguru di sekolah seorang anak juga memiliki keharusan untuk berguru di rumah. Hal ini perlu dijalankan semoga apa yang sudah di ajarkan di sekolah dapat mengulangi lagi di rumah bersama orang tua supaya pengertian bahan pelajaran lebih mantap lagi, serta menjalankan tugas-peran yang sudah diberikan oleh guru semoga dikerjakan di rumah.

6. Saling Menghormati Sesama Anggota Keluarga

Sebagai salah satu anggota keluarga kita wajib menghargai dan menghormati sesama anggota keluarga yang lainnya baik itu kepada orang renta, abang, dan adik. Rasa sayang yang terdapat pada anggota keluarga mampu menjalin kekerabatan tali persaudaraan yang bagus pula, sehingga akan terwujud keluarga yang harmonis.

7. Berbicara Sopan Sesama Anggota Keluarga

Seseorang sanggup menerima amanah serta tampakbaik kalau dilihat dari cara ia berbicara, dengan menggunakan bahasa yang sopan ketika berbicara sesama anggota keluarga, anda akan merasa dihargai dan dihormati. Lain halnya bila anda menggunakan bahasa yang tidak pantas diucapkan yang mampu menyinggung hati dan perasaan orang lain sehingga anda akan dijauhi dan tidak dihargai saat berhadapan dengan anggota keluarga.

8. Menjaga Nama Baik Keluarga


Orang bau tanah yang bisa mendidik dan menanamkan aksara yang baik pada anaknya sungguh berpengaruh pada nama baik orang renta. Dengan senantiasa bersikap baik, sopan, ramah dan tidak sombong terhadap anggota keluarga serta orang lain maka keluarga kita akan diketahui oleh penduduk selaku keluarga yang berakhlak baik.

9. Meminta Izin Kepada Orang Tua

Saat anak ingin bepergian atau melaksanakan sesuatu seharusnya meminta izin terhadap orang renta apalagi dahulu alasannya berkah tuhan terletak pada restu orang renta. Jangan melakukan tindakan yang mana orang renta tidak menunjukkan izin, hal ini semoga anak sudah biasa untuk menghargai eksistensi orang bau tanah sehingga menjaga anak untuk tidak bersikap semena-mena pada orang bau tanah.

10. Hidup Mandiri

Semakin menambahnya umur maka sifat anak akan lebih akil balig cukup akal dan hidup lebih mandiri, lakukan hal-hal yang bisa anak kerjakan sendiri sehingga hidupnya tidak selalu tergantung terhadap orang lain dan mendidik melakukan kiprahnya di rumah seperti mencuci pakaian, bangun pagi, membersihkan kawasan tidur.

11. Anak Berhak Untuk Disayangi

Hak yang paling besar lengan berkuasa pada perkembangan psikologi anak ialah menerima kasih sayang dari orang tuanya, anak akan merasa senang apabila dia selalu diamati, dipeluk dan sikap-perilaku yang lain. Saat orang tua memiliki dua orang anak atau lebih jangan pernah membeda-bedakan satu dengan yang lainnya atau lebih diketahui dengan pilih kasih.

12. Anak Berhak Mendapatkan Pendidikan

Mendapatkan pendidikan sangat diharapkan bagi anak baik pendidikan di sekolah atau pun pendidikan di rumah. Dengan bertambahnya umur anak perlu mengenali hal-hal yang bagus dan jelek untuk dirinya, serta mensekolahkan anak akan mendapatkan pendidikan yang lebih luas, pengalaman dan sobat-sahabat yang gres.


13. Anak Berhak Mendapatkan masakan

Untuk melangsungkan hidup seorang anak berhak mendapatkan makanan, berilah anak dengan masakan yang bergizi yakni empat sehat lima sempurna biar anak tumbuh dan berkembang dengan sangat bagus seperti sayuran hijau, daging, susu, kuliner yang mengandung protein dan lain-lain.

14. Anak Berhak Mendapatkan Pakaian

Pakaian ialah asesoris yang digunakan untuk menutupi badan dan sungguh dibutuhkan agar terhindar dari terik sinar matahari, menutupi aurat dan untuk menghangatkan tubuh. Berilah busana yang patut agar anak merasa senang dan senang.

15. Anak Berhak Mendapatkan Tempat Tinggal

Kebutuhan yang satu ini memang harus diberikan terhadap anak semoga beliau terhindar dari ancaman yang mampu mengancam hidupnya seperti serangan binatang buas, ular, hujan, panas dan selaku tempat istirahat.

16. Anak Berhak Mendapatkan Uang Jajan

Uang jajan diberikan terhadap anak untuk membeli barang atau masakan yang dia senangi misalnya dikala di sekolah pasti uang jajan tersebut digunakan untuk membeli makanan, menabung atau beberapa keperluan sekolah yang nominalnya masih tergolong kecil. Serta selaku orang bau tanah jangan memberikan terhadap anak uang dengan nominal yang cukup besar alasannya adalah mampu ditakutkan anak hidup boros dan berfoya-foya.

17. Anak Berhak Mendapatkan Kepercayaan

Setiap anak yang sudah menginjak sampaumur pasti mempunyai pergaulannya sendiri, sebagai orang tua pasti menghendaki sekali anaknya berkembang dengan sikap yang bagus. Akan tetapi, orang tua juga dihentikan menekan dan membatasi pergerakan anak untuk bermasyarakat, berilah akidah terhadap anak untuk mengenal masyarakat luas dan selalu ingatkan beliau supaya mampu memilih pergaulan yang baik buat dirinya.

18. Anak Berhak Mendapatkan Pujian

Selain menerima kasih sayang, seorang anak juga berhak mendapatkan kebanggaan dari orang tuanya selaku motivasi dan penyemangat hidupnya. Anak selalu berupaya menjadi yang terbaik dalam segala hal agar orang tuanya merasa gembira atas apa yang telah diusahakan oleh anaknya seperti dalam hal pendidikan, pekerjaan dan lain-lain.

19. Anak Berhak Meminta Saran Dan Pendapat

Saat anak menerima masalah baik itu hal kecil atau besar sehingga beliau memerlukan orang untuk menyimak keluh kesalnya, di situ peran orang renta sungguh diharapkan untuk memberikan saran dan usulan dari masalah yang sedang dihadapinya. Sehingga anak akan merasa lebih lega karena di belakang ada sosok orang bau tanah yang senantiasa mendukungnya.

20. Anak Berhak Untuk Memilih


Anak juga memiliki hak untuk memilih sesuatu yang terbaik buat dirinya sendiri, karena tak selamanya orang bau tanah yang mau menentukan jalan hidup buat anak-anaknya. Misalkan ketika anak lulus dari sekolah menengah atas (SMA) tentu akan memiliki pilihan universitas mana yang mau ia daftar dan seorang anak pasti mempunyai pilihan dalam hal jodoh sebab yang melakukan kehidupannya hanyalah mereka dengan pasangannya. Sebagai orang bau tanah kita wajib mendukung dan mendo’akan biar apa yang dipilihnya mampu menjadikannya senang.


Dari ulasan informasi di atas perihal 20 hak dan keharusan seorang anak di rumah dan di dalam keluarga mampu menunjukkan manfaat untuk anda dan terima kasih telah mengunjungi blog yang sederhana ini.

Sumber https://nuroehi.blogspot.com


EmoticonEmoticon