Kamis, 08 Oktober 2020

3 Jenis Pencahayaan : Ambient, Task Dan Accent Lighting

Dibandingkan mengandalkan satu jenis pencahayaan untuk semua ruangan, cara yang disarankan untuk menghidupkan ruang yakni dengan memanfaatkan berbagai jenis pencahayaan, masing-masing akan memenuhi fungsi yang berbeda. Dengan menimbang-nimbang bagaimana suatu area akan dipakai, ukuran dan gaya desainnya akan menolong memilih jenis pencahayaan mana yang terbaik.

Dibandingkan mengandalkan satu jenis pencahayaan untuk semua ruangan 3 Jenis Pencahayaan : Ambient, Task dan Accent Lighting
3 Jenis Pencahayaan : Ambient, Task dan Accent Lighting

Dalam dunia desain dan tata lampu, Ada tiga jenis dasar metode pencahayaan buatan atau tata cara lampu yang sungguh lazim diterapkan, ialah :
1. Ambient light
2. Task Light
3. Accent Light
Dengan memakai bermacam-macam tata cara pencahayaan di seluruh ruangan mampu menciptakan rancangan pencahayaan yang hidup, kaya warna dan fleksibel. Berikut ini akan diterangkan masing-masing karakteristik jenis pencahayaan ini :

1. Ambient Light

Dibandingkan mengandalkan satu jenis pencahayaan untuk semua ruangan 3 Jenis Pencahayaan : Ambient, Task dan Accent Lighting
ambient lighting - vibia.com

Ambient Light juga disebut dengan penerangan biasa . Ambient light yakni pencahayaan yang dimaksudkan untuk secara merata menerangi ruangan secara umum. Ambient light juga umumdisebut dengan general lighting.

Pencahayaan ambient light menawarkan pencahayaan keseluruhan dan dimaksudkan untuk membuat tingkat pencahayaan umum dan seragam pada ruangan. Ini ialah lapisan pertama tata cara pencahayaan dan mengatur nada ruang. Itulah sebabnya umumnya lampu untuk ambient light memiliki sifat cahaya yang lunak atau menyebar, dan kerap kali mampu diubahsuaikan untuk mengakomodasi pengaturan siang dan malam hari.

Pencahayaan ambient sangat penting di semua ruangan, apalagi ruang tertentu mirip lorong dan tangga untuk orientasi dan visibilitas yang optimal. Jenis pencahayaan ini juga memiliki kegunaan di dapur atau kantor di rumah, cahaya lebar memperlihatkan tingkat pencahayaan yang konsisten dan terang.

Baca Juga : 10 Jenis Pemasangan Lampu (Lighting Fixtures)

Ada berbagai jenis pencahayaan ambient light:
  • Lampu terpasang di langit-langit atau tersembunyi yang mengarahkan cahaya ke bawah
  • Lampu dinding dan lampu lantai, yang menyinari dinding atau langit-langit dengan cahaya utama
  • Pencahayaan Cove, lampu lantai, dan lampu gantung yang memantulkan cahaya dari langit-langit dan dinding
Meskipun memperlihatkan penerangan lazim, cahaya ambient light tidak ideal untuk pekerjaan peran khusus atau ekspo unsur tertentu dalam ruang, yang ialah tugas dari dua jenis pencahayaan berikutnya.

2. Task Light

Dibandingkan mengandalkan satu jenis pencahayaan untuk semua ruangan 3 Jenis Pencahayaan : Ambient, Task dan Accent Lighting
task lighting - vibia.com

Task light disebut juga lampu tugas atau pencahayaan pribadi yang dimaksudkan untuk memberi penerangan pada tugas atau kegiatan tertentu. Misalnya lampu baca di ruang tamu bisa dipakai menerangi area baca. Lampu di bawah kabinet di dapur berfungsi sebagai lampu tugas untuk meja.

Pencahayaan pribadi dan intens ini ideal untuk pekerjaan tugas yang terperinci, mirip membaca dan menulis di meja, merawat, dan menyiapkan masakan. Lampu berfokus pada area tertentu di mana peran dilakukan dan lebih terang ketimbang pencahayaan sekitarnya atau ambient light. Pencahayaan tugas yang efektif ialah lampu yang bebas silau dan cukup kuat untuk menghalangi kecapekan mata.

Baca Juga : 15 Keunggulan Lampu LED Dibandingkan Lampu Lain

Contoh jenis pencahayaan ini meliputi:
  • Lampu tersembunyi dan lacak
  • Liontin/Pendants light
  • Pencahayaan di bawah kabinet
  • Lampu lantai, meja, dan meja
  • Lampu meja rias kamar mandi
Pencahayaan eksklusif adalah kunci utama acara di dapur, di mana pencahayaan atau lampu gantung di bawah kabinet mengembangkan visibilitas di meja dan area antisipasi makanan.

Lampu meja dan lantai memberikan pencahayaan eksklusif yang berkhasiat di ruang tamu dan kamar tidur, dan dapat memperkuat gaya rancangan yang diharapkan ruangan. Sconce, vanity bar, dan liontin mampu digunakan di kamar mandi untuk memajukan visibilitas, utamanya di akrab cermin.

3. Accent Light

Dibandingkan mengandalkan satu jenis pencahayaan untuk semua ruangan 3 Jenis Pencahayaan : Ambient, Task dan Accent Lighting
accent lighting - vibia.com

Accent Light yaitu lampu aksen yang dimaksudkan untuk menyorot objek tertentu meski tak ada kegiatan yang terbantu di sana. Anda mungkin suka meletakan lukisan di dinding, menyrot kerikil alam atau air mancur di malam hari dan sebagainya.

Lampu aksen biasanya tiga kali lebih jelas dari cahaya sekitar. Pencahayaan aksen menarik minatpada bermacam-macam unsur atau fitur dalam ruangan, mirip karya seni, piranti, atau rincian arsitektur, mengubahnya menjadi titik konsentrasi. Fitting yang fleksibel lebih diminati untuk jenis pencahayaan ini, alasannya memungkinkan mengganti posisi fokus pada area atau objek kecil.

Baca Juga : Cara Memainkan Pencahayaan Ruang dengan Lampu Aksen

Jenis pencahayaan lampu aksen secara umum meliputi:
  • Lampu dinding
  • Pencahayaan spot tersembunyi
  • Track lighting
  • Lampu sorot yang dipasang di dinding
Pencahayaan aksen berbeda dari jenis pencahayaan lain dalam tujuan khususnya yaitu estetika, menciptakan titik menawan bagi pemirsa. Ini memperbesar gaya dan drama ke ruang, dan sangat sesuai untuk area hidup dan taman, pintu masuk, dan di mana pun tujuannya yakni untuk menampilkan fitur-fitur khusus.

Lampu langit-langit yang tersembunyi, lampu track, atau luminer yang dipasang di dinding sungguh efektif untuk tempat tinggal atau area biasa sebab mampu dimiringkan dan diarahkan untuk menciptakan sorotan.

Demikianlah perihal 3 Jenis Pencahayaan dalam Ruang mencakup Ambient Light, Task Light dan Accent Light. Semoga berguna.
Sumber https://www.arsitur.com/


EmoticonEmoticon